PERHATIAN! Pria Muslim Dilarang Menikahi Wanita yang Memiliki 1 dari 10 Sifat ini, Salah Satunya: Suka Mengeluh

Minggu 22-10-2023,04:17 WIB
Reporter : Aswan
Editor : T. Sucipto

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID --- Waspada bagi para pria, khususnya para muslim yang sedang mencari pasangan untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

Sebaiknya, sebelum memutuskan menihkahi sang pujaan hati, Anda harus memahami sifat, karakteristik dan tipe calon istri.

Pasalnya, pernikahan adalah sebuah ibadah sepanjang hidup, dan, oleh karena itu, sangatlah penting bagi setiap lelaki untuk mengetahui bahwa ada beberapa sifat wanita yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan sebaiknya tidak dinikahi.

Dalam kitab "Ihya 'Ulumuddin" karya Imam Al-Ghazali, terdapat catatan mengenai larangan menikahi beberapa jenis wanita menurut ajaran agama. Terdapat enam sifat yang sebaiknya tidak dimiliki oleh calon istri, yaitu:

1. Wanita yang suka mengeluh

Merupakan sifat yang bisa membuat suasana di rumah menjadi kurang harmonis dan tentram. Wanita yang selalu mengeluh tentang keadaan atau kesulitan hidup hanya akan menimbulkan ketegangan dalam hubungan keluarga.

BACA JUGA:Simpel! Amalan Gus Baha ini Bisa Mengusir Kemiskinan dan Mendapat Limpahan Rezeki: Cukup Ucapkan Salam?

Sebagai manusia, kita harus bersyukur atas segala apa yang telah kita terima, termasuk dalam situasi yang sulit sekalipun. Ketika menghadapi cobaan hidup, tugas kita adalah bersabar dan menerima dengan ikhlas.

2. Wanita yang suka mengadu

Mengadu pada orang lain tentang masalah di dalam rumah tangga adalah tindakan yang seharusnya dihindari.

Sebagai pasangan suami-istri, kita harus saling mendukung dan saling menguatkan satu sama lain dalam menghadapi masalah.

Mengadu pada orang tua atau pihak luar hanya akan menyebabkan konflik dan ketidakharmonisan dalam hubungan keluarga.

3. Wanita yang suka mengungkit kebaikannya

Sifat ini dapat merusak kebahagiaan dalam rumah tangga. Seorang istri sebaiknya tidak perlu mengumbar kebaikan yang dia lakukan, karena dalam Islam, tindakan baik sudah memiliki pahala di sisi Allah Swt. Tidak perlu membuatnya menjadi hal yang dilebih-lebihkan atau diumbar ke orang lain.

4. Wanita yang tidak pernah merasa puas

Sifat tamak atau selalu merasa kurang adalah sifat yang harus dihindari. Selain bisa merugikan perekonomian suami, sifat ini juga bisa menyiksa hati.

Rasulullah Saw. bersabda bahwa Allah tidak akan melihat dengan kasih sayang kepada istri yang tidak bersyukur kepada suaminya padahal ia sangat membutuhkan suaminya.

5. Wanita yang suka mengingat kejelekan orang lain

Hindarilah menikahi wanita yang suka mengingat kejelekan orang lain dan suka mencela. Wanita dengan karakter demikian cenderung melupakan kebaikan-kebaikan suami dan hanya fokus pada hal-hal negatif.

Sifat ini bisa menghancurkan harapan untuk memiliki keluarga yang bahagia dan harmonis dalam Islam.

6. Wanita yang suka berselingkuh

Dalam Islam, bermain-main dengan lawan jenis dianggap sebagai tindakan yang tidak diperbolehkan. Pernikahan adalah ikatan yang suci dan melibatkan kesetiaan antara suami dan istri.

Kategori :

Terpopuler