Polda Metro Jaya Konfirmasi 70 Kamera ETLE Bakal Terpasang di DKI Jakarta, Bulan Depan Selesai

Senin 13-11-2023,18:16 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Ditlantas Polda Metro Jaya terus berusaha untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya dengan langkah-langkah yang inovatif.

Salah satu langkah yang telah diambil adalah pemasangan kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Di tahun 2023, Ditlantas Polda Metro Jaya menargetkan pemasangan 70 kamera ETLE di wilayah hukum Polda Metro.

Kepala Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, menyatakan bahwa pemasangan kamera-kamera tersebut telah dimulai.

BACA JUGA:Fatwa MUI Mengharamkan Hal Ini, Ikuti Jika Tak Ingin Berdosa!

Latif mengungkapkan bahwa rencananya, seluruh pemasangan 70 kamera ETLE akan selesai pada bulan Desember 2023 dan dapat dioperasionalkan pada bulan Januari tahun depan.

"Desember ini semua pemasangan 70 kamera ETLE akan selesai. Tinggal menjalankan operasionalnya saja. Pada bulan Januari, semua sudah harus beroperasi," ujar Latif.

Pemasangan 70 kamera ETLE ini bertujuan untuk memonitor jalur-jalur yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas, seperti melawan arus, masuk jalur TransJakarta, dan juga penggunaan Jalan Layang Non Tol (JLNT) oleh kendaraan yang tidak seharusnya.

"Memang perlu kita awasi jalur-jalur tersebut karena sering terjadi banyak pelanggaran," kata Latif.

BACA JUGA:Ramai Aksi Boikot, Resep Ayam Goreng Fried Chicken yang Cocok Jadi Menu Sehari-hari

Dalam rencana sebelumnya, Polda Metro Jaya berencana menambahkan 70 titik pemasangan kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Jakarta.

Saat ini, Polda Metro masih melakukan penelitian untuk menentukan titik lokasi yang tepat.

Kombes Latif Usman menyampaikan bahwa jumlah kendaraan di Jakarta saat ini telah mencapai 22,4 juta. Dengan panjang total jalan sekitar 7.800 kilometer, dikhawatirkan terjadi penumpukan kendaraan di beberapa ruas jalan di Ibu Kota.

"Oleh karena itu, penerapan ETLE sangatlah penting. Kami bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan," ungkap Latif seperti dikutip dari laman NTMC Polri.

BACA JUGA:Hal yang Perlu Diperhatikan Menjadi Ibu Baru, Nomor 1 Sering Diabaikan!

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan beberapa manfaat penggunaan ETLE dalam proses penindakan pelanggaran.

Kategori :