Cara Menggunakan Retinol dengan Tepat: Tips dan Trik yang Harus Kamu Tahu!

Jumat 24-11-2023,16:30 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Pernahkah kamu mendengar kata retinol sebelumnya? ya, retinol adalah bahan ajaib yang bisa membuat kulitmu glowing dan cerah.

Retinol memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan, diantaranya adalah merangsang kolagen yang mampu membuat kulit tetap kenyal dan elastis, serta dapat membantu mengurangi kerutan di wajah.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan retinol ini, yuk, simak informasi ini hingga habis!.

BACA JUGA:Pentingnya Eksfoliasi untuk Wajah: Rahasia Tersembunyi di Balik Kulit Cantik dan Awet Muda

Retinol memang memiliki segudang manfaat yang bisa didapatkan, namun ada poin yang perlu digaris bawahi dan menjadi perhatian yang lebih serius.

Pertama, retinol dapat membuat kulitmu lebih sensitif terhadap sinar matahari Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan tabir surya setiap kali kamu keluar rumah. 

Selain itu, retinol tidak disarankan untuk ibu hamil atau menyusui. Jadi, pastikan hindari produk retinol apabila kamu tengah hamil dan menyusui.

Penting juga untuk diingat bahwa retinol sebaiknya digunakan pada malam hari. Hal ini dikarenakan retinol dapat membuat kulitmu lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

BACA JUGA:Simak Manfaat Masker Madu untuk Kecantikan Wajah

Selanjutnya, penting juga untuk menghindari penggunaan produk perawatan kulit lain yang mengandung bahan-bahan yang dapat bersaing dengan retinol. Misalnya, hindari penggunaan produk yang mengandung asam salisilat, AHA, Benzoyl Peroxide, dan Vitamin C.

Penggunaan retinol juga hanya diperlukan sebanyak dua atau tuga kali dalam seminggu. Mengaplikasikan retinol terlalu sering hanya akan meningkatkan kemungkinan iritasi dan kekeringan yang parah.

Setelah kita memahami hal yang diperhatikan saat menggunakan retinol, sekarang kita akan membahas cara penggunaan retinol pada wajah. Ikuti langkah-langkah ini agar menghasilkan kulit kilau alami yang memukau.

Langkah menggunakan retinol pada wajah:

1. Pastikan Wajah Bersih

Cuci wajah dengan pembersih yang lembut dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih. Perlu dipastikan, kulit dalam keadaan kering sebelum mengaplikasikannya.

Kategori :

Terpopuler