7 Cara Mengatur Emosi yang Tidak Terkendali saat Sedang Marah, Nomor 3 Wajib Dicoba!

Kamis 25-01-2024,17:30 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Hai, teman-teman! Kita semua pernah mengalami momen di mana emosi kita naik turun seperti roller coaster. 

Ketika emosi, seringkali kita sulit mengendalikan diri dan merasa selalu ingin marah, bahkan, rasanya sulit untuk tetap tenang dan tidak meledak-ledak. 

Namun, jangan khawatir! dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengatur emosi saat sedang marah. Simak yuk sampai selesai!.

BACA JUGA:7 Cara Menyimpan Cabai agar Awet dan Tahan Lama, Gak Bikin Cepat Busuk!

Pertama-tama, penting bagi kita untuk menyadari bahwa marah adalah emosi alami yang bisa dirasakan oleh siapa saja. Tidak ada yang salah dengan merasa marah, namun yang penting adalah bagaimana kita mengelolanya dengan baik.

1. Ambil Nafas


Foto: Ilustrasi by Pexels-Nathan Cowley-pexels

Salah satu cara yang efektif untuk mengendalikan emosi saat marah adalah dengan bernapas dalam-dalam. Ketika kita merasa marah, seringkali nafas kita menjadi pendek dan terengah-engah. Dengan bernapas dalam-dalam, kita dapat menenangkan pikiran dan tubuh kita secara keseluruhan.

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Selain itu, mencoba untuk mengalihkan perhatian juga bisa membantu kita mengendalikan emosi saat marah. Misalnya, kita bisa mencoba melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan atau berlari. 

Aktivitas fisik dapat membantu melepaskan ketegangan dan energi negatif yang ada dalam tubuh kita.

BACA JUGA:Cara Cepat Menghilangkan Kerak di Wajan, Cukup 5 Menit Beres!

3. Melakukan Hobi yang Disukai


Foto: Ilustrasi by Pexels-Andrea Piacquadio -pexels

Selain itu, kita juga bisa mencoba melakukan hobi atau kegiatan yang kita sukai, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau menulis jurnal. Dengan mengalihkan perhatian kita pada hal-hal yang positif, kita dapat mengurangi intensitas emosi marah yang kita rasakan.

Kategori :

Terpopuler