Memahami Lebih Dalam Kebutuhan Dasar Manusia: Tidak Hanya Sekadar Makan dan Minum!

Selasa 06-02-2024,17:12 WIB
Reporter : Muhammad Aidan
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Sebagai manusia, kita memiliki berbagai kebutuhan yang mendorong perilaku dan motivasi kita.

Kebutuhan ini tidak hanya sebatas keinginan untuk makan dan minum, tapi juga mencakup kebutuhan yang lebih kompleks seperti rasa aman, dicintai, dan dihargai.

Teori kebutuhan dasar manusia berusaha menjelaskan bagaimana kebutuhan-kebutuhan ini mempengaruhi perilaku dan motivasi kita.

Salah satu teori yang terkenal yaitu Teori Hierarki Kebutuhan Maslow.

BACA JUGA:3 Manfaat Daun Mengkudu untuk Wajah, Lengkap dengan Cara Pembuatannya

Hierarki Kebutuhan Maslow

Abraham Maslow, seorang psikolog Amerika, mengemukakan teori ini pada tahun 1943. Maslow mengatakan bahwa kebutuhan manusia disusun dalam hierarki, dengan kebutuhan yang paling dasar terletak di bawah dan kebutuhan yang lebih kompleks di atas.

Berikut adalah lima tingkatan kebutuhan dalam Hierarki Kebutuhan Maslow:

  1. Kebutuhan Fisiologis. Maslow menyebutkan di urutan pertama kebutuhan dasar manusia yaitu untuk bertahan hidup, seperti makanan, air, udara, tempat tinggal, dan pakaian.
  2. Kebutuhan Keamanan. Setelah fisiologis, manusia juga membutuhkan rasa aman dan terlindungi dari bahaya, seperti kebutuhan akan keamanan fisik, kesehatan, serta stabilitas.
  3. Kebutuhan Sosial. Yakni kebutuhan untuk menjalin hubungan dengan orang lain, seperti kebutuhan akan kasih sayang, cinta, persahabatan, dan rasa memiliki.
  4. Kebutuhan Penghargaan. Berikutnya yaitu manusia memiliki kebutuhan ingin merasa dihargai dan dihormati oleh orang lain, seperti kebutuhan akan pengakuan, status, dan prestise.
  5. Kebutuhan Aktualisasi Diri: Dan yang terakhir manusia juga memiliki kebutuhan untuk terus berkembang, yaitu kebutuhan untuk mencapai potensi penuh dan menggunakan kemampuannya secara maksimal.

BACA JUGA:Ramalan Shio Paslon Capres dan Cawapres 2024: Pasangan Ini Disebut Sering Berbeda Pandangan!

Menurut Maslow, manusia harus memenuhi kebutuhan yang lebih dasar terlebih dahulu sebelum dapat naik ke tingkat kebutuhan yang lebih tinggi.

Contohnya, seseorang tidak akan fokus pada aktualisasi diri jika kebutuhan fisiologis dan keamanan mereka belum terpenuhi.

Teori Kebutuhan Lainnya

Selain Teori Hierarki Kebutuhan Maslow, terdapat teori lain yang menjelaskan tentang kebutuhan dasar manusia, seperti:

  • Teori ERG Alderfer. Dalam Teori ini Alderfer mengelompokkan kebutuhan manusia menjadi tiga kategori, yaitu Eksistensi (Existence), Keterkaitan (Relatedness), dan Pertumbuhan (Growth).
  • Teori Dua Faktor Herzberg. Teori ini membedakan dua jenis faktor yang memengaruhi kepuasan kerja, yaitu faktor motivator (seperti pengakuan dan prestasi) dan faktor hygiene (seperti kondisi kerja dan gaji).

BACA JUGA:Harga Emas di Pegadaian Hari Ini Selasa, 6 Februari 2023 Turun Lagi Nih: Buruan Borong Sebelum Harga Naik!

Kategori :

Terpopuler