Bikin Kesel! Gadget Sering Banget Lemot? Ternyata Ini Biang Keroknya

Kamis 07-03-2024,12:13 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID -  Perlu kamu ketahui ada biang kerok yang bikin gadget kalian sering lemot yang membuat kamu terasa sebal memainkannya.

Gadget merupakan barang elektronik yang wajib dimiliki oleh banyak orang karena memiliki segudang manfaat untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Seiring waktu penggunaan gadget ada saja kendala yang dialami mulai dari handphone cepat panas atau pun lambat merespons alias lemot.

BACA JUGA:5 Tips Persiapan Diri Sebelum Berpuasa, Biar Nggak Sia-sia Selama Satu Bulan

Rupanya ada beberapa faktor yang menyebabkan gadget menjadi lemot yang tidak kita sadari selama ini.

Penasaran apa saja faktor yang dapat menyebabkan gadget berkurang performanya? dilansir dari beberapa sumber berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Faktor pertama yang menyebabkan performa gadget menurun adalah dengan mengisinya hingga penuh 100%. Baterai yang terus-terusan terisi penuh dapat merusak masa pakainya dan cepat mengurangi performa gadget.

Faktor lain yang menyebabkan performa gadget menurun adalah ruang penyimpanan hampir habis. Terlalu banyak menyimpan video, foto atau unduhan berbagai macam file dapat menghabiskan memori dan menyebabkan CPU menjadi lambat untuk beroperasi.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Membenahi Kepala Pitak? Cek Cara Membuat Masker Rambut Almond Yuk

Selain itu, penggunaaan charger palsu juga dapat mempengaruhi kinerja gadgetmu menjadi lemot. Pasalnya, charger palsu atau tak resmi tersebut tidak dapat mentransfer daya yang stabil dan justru dapat menyebabkan baterai menjadi rusak.

Selanjutnya, faktor yang dapat menyebabkan performa gadget menurun adalah menggunakan gadget ketika keadaan panas. Saat gadget terpapar suhu yang sangat panas, baterai harus bekerja dengan lebih keras untuk menjaga kinerjanya tetap optimal dan dapat mengakibatkan penurunan kualitas baterai dan bahkan merusaknya secara permanen.

Dengan mengetahui faktor apa saja yang dapat menyebabkan gadget menjadi lemot di atas, kamu dapat lebih berhati-hati untuk menjaga barang gadgetmu dari kerusakan. Yuk, mulai menerapkannya agar gadgetmu tetap awet dan dapat terus menemanimu di berbegai situasi!.

Jika ponsel Anda terlalu panas, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatasinya:

BACA JUGA:Apakah Pengelihatan Pada Mata 'Meredup' Secara Mendadak Biasa Terjadi pada Orang Dewasa?

1. Hentikan Penggunaan Aktif

Kategori :

Terpopuler