Hati-hati! 7 Jenis Perawatan Ini Dapat Merusak Kulit Wajah, Yuk Hindari

Jumat 15-03-2024,07:30 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Perawatan wajah merupakan hal yang penting bagi banyak orang, terutama bagi para wanita.

Namun, tidak semua jenis perawatan wajah dapat memberikan hasil yang baik, bahkan beberapa perawatan justru dapat merusak wajah kita. 

Ada beberapa jenis perawatan yang sebaiknya dihindari agar wajah kita tetap sehat dan cantik, yuk simak!.

BACA JUGA:Ternyata, Ini 7 Alasan Mengapa Wajah Tetap Kusam Meski Pakai Skincare Setiap Hari

1. Terlalu Sering Cuci Muka


Hati-hati! 7 Jenis Perawatan Ini Dapat Merusak Kulit Wajah, Yuk Hindari-pvproductions-freepik

Terlalu sering mencuci muka memang sering dianggap sebagai salah satu jenis perawatan yang penting untuk menjaga kebersihan wajah. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu sering mencuci muka bisa jadi malah merusak kulit wajah kita?.

Mencuci muka memang penting untuk membersihkan kotoran, debu, minyak, dan sisa makeup yang menempel di wajah. Namun, jika dilakukan terlalu sering, bisa membuat kulit wajah menjadi kering, iritasi, bahkan perubahan PH kulit.

Sebaiknya mencuci muka hanya dua kali sehari, yaitu saat pagi dan sebelum tidur. Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita dan hindari produk yang mengandung bahan kimia keras dan bahan pewangi yang berlebihan.

2. Mencuci Wajah dengan Air Hangat

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mencoba mencuci wajah dengan air hangat karena kita percaya bahwa air hangat dapat membantu membuka pori-pori dan membersihkan kotoran dengan lebih baik. Namun, faktanya mencuci wajah dengan air hangat justru dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan iritasi.

BACA JUGA:Cek Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun Herborist, Ampuh Cerahkan Kulit Wajah?

Selain itu, mencuci wajah dengan air hangat juga dapat membuka pori-pori kulit. Sehingga sisa sabun malah akan masuk ke dalam pori-pori dan dapat menyebabkan jerawat.

3. Eksfoliasi Berlebihan

Salah satu jenis perawatan yang dapat merusak wajah adalah melakukan eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan. Eksfoliasi memang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat wajah terlihat lebih cerah. 

Kategori :

Terpopuler