Inilah Azab Bagi Orang yang Tak Bayar Zakat: Perspektif Islam dari Al-Quran dan Hadist

Jumat 05-04-2024,19:00 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

Sementara dalam ranah dunia, konsekuensi bagi individu yang mengabaikan kewajiban membayar zakat meliputi tindakan mengambil harta yang seharusnya dikeluarkan, pemberian takzir (Hukuman), serta pembayaran denda.

Dasar hukum untuk tindakan ini adalah sabda Rasulullah SAW: 

"Barangsiapa yang memberikannya (zakatnya) demi mendapatkan pahala, maka dia akan mendapatkan pahala zakat. Barangsiapa tidak mau membayarnya, maka kami akan mengambilnya dan setengah dari untanya sebagai suatu tekad (kewajiban) Tuhan kami, Allah Swt. tidak halal bagi keluarga Muhammad sedikitpun dari zakat." (H.R. Ahmad dan An-Nasa'i dari Bahz bin Hakim dari ayahnya dari kakeknya).

BACA JUGA:Drama Injury Time! The Blues Chelsea Sukses Menang 4-3 Atas Setan Merah MU

3. Di seruduk Hewan Ternak 

Dalam konteks harta yang wajib di zakatkan berupa hewan ternak, pelanggar kewajiban membayar zakat akan menghadapi konsekuensi yang mengejutkan, dimana hewan peliharaannya sendri bisa menjadi alat hukuman. 

Mereka mungkin mengalami serangan atau diseruduk oleh hewan-hewan tersebut sebagai bentuk teguran dari Allah atas kelalaian mereka dalam membayar zakat. 

Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada pemilik unta, sapi, dan kambing yang tidak membayar zakatnya kecuali binatang-binatang tersebut datang di hari kiamat dengan ukuran yang sangat besar dan sangat gemuk yang menyeruduk pemiliknya dengan tanduk-tanduk dan menginjak-nginjaknya dengan kaki-kaki mereka. Ketika binatang yang paling belakang habis, maka yang depan kembali datang lagi padanya hingga umat manusia selesai dihisab." (HR. Muslim).

BACA JUGA:Drama Injury Time! The Blues Chelsea Sukses Menang 4-3 Atas Setan Merah MU

4. Ditusuk Besi Panas

Salah satu konsekuensi yang amat mengerikan bagi orang yang menunggak dalam membayar zakat adalah kemungkinan mereka akan dihadapkan pada siksaan yang sangat menyakitkan. 

Siksaan tersebut yakni disiksa dengan besi panas yang ada di neraja sebagai bentuk teguran atas kelalaian mereka dalam menunaikan kewajiban zakat. 

Diriwayatkan Bukhari: "Saya pernah berada di antara kaum Quraisy. Kemudian Abu Dzar lewat dan berkata, ‘Sampaikanlah berita gembira pada orang-orang yang menyimpan hartanya (tidak mau membayar zakat) bahwa punggung mereka akan ditusuk hingga tembus lambungnya, dan tengkuk mereka ditusuk hingga tembus keningnya’"

Kategori :

Terpopuler