Update! Banjir Bandang di Sumatera Barat Lebih dari 40 Jiwa Melayang

Selasa 14-05-2024,08:14 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

Dari jumlah tersebut, 60 jiwa ditempatkan di gedung SMPN 1 Koto Tuo sebagai langkah awal dalam memberikan perlindungan dan bantuan kepada para korban.

Selain itu, ada 74 orang lainnya yang diungsikan sementara ke gedung SDN 08 Kubang Putiah Duo Koto Panjang, sedangkan 25 korban lainnya memilih untuk mengungsi ke sejumlah rumah warga yang masih aman.

Di sisi lain, di wilayah Tanah Datar, Abdul juga menyampaikan bahwa lebih dari 84 keluarga telah terdampak langsung oleh banjir bandang, mendorong perlunya bantuan dan koordinasi yang lebih besar dalam upaya penanggulangan dan pemulihan pasca-bencana.

BACA JUGA:Info Loker Kemenkes RI Terbaru, Yuk yang Masih Butuh Kerjaan Merapat!

“Hingga saat ini disamping melakukan upaya penanganan darurat, BPBD setempat juga masih terus melakukan pemutakhiran data dampak dari banjir dan tanah longsor tersebut,” jelas Abdul.

Dampak mengerikan dari banjir bandang ini juga dirasakan oleh banyak rumah warga di Kabupaten Agam, di mana sebanyak 193 rumah dilaporkan mengalami kerusakan serius akibat terjangan air yang meluap.

Situasinya tidak jauh berbeda di Tanah Datar, di mana tercatat ada 84 rumah yang rusak mulai dari kerusakan ringan hingga berat akibat tekanan dan arus deras air banjir tersebut, selain merusak rumah warga, bencana banjir bandang ini juga menyebabkan kerusakan signifikan pada sejumlah sarana prasarana penting, termasuk jembatan dan rumah ibadah di sekitar wilayah terdampak.

Kondisi ini semakin memperparah situasi, karena lalu lintas dari Kabupaten Tanah Datar menuju Padang dan Solok dilaporkan lumpuh total, menghambat mobilitas penduduk dan proses penyelamatan yang sedang berlangsung.

Kategori :