Jarang yang Tahu, Inilah 8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Sabtu 18-05-2024,20:00 WIB
Reporter : Alviana Anugrahani Putri
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Susu kedelai bukan hanya berperan sebagai alternatif bagi orang-orang yang intoleran pada laktosa, namun ternyata banyak memiliki manfaat untuk tubuh.

Manfaat susu kedelai tidak hanya terbatas pada menjaga kesehatan tubuh, tapi juga berkontribusi dalam mengurangi risiko penyakit jantung, menopause dan beberapa jenis kanker.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang dimiliki oleh susu kedelai, tidak mengherankan kalau susu kedelai menjadi bagian penting dalam hidup banyak orang.

BACA JUGA:Tengku Dewi Interogasi Soraya Rasyid yang Diduga Jadi Selingkuhan Suaminya

1. Sebagai Sumber Antioksidan

Sebenarnya selain produk susu kedelai, berbagai produk yang dihasilkan dari kacang kedelai juga mengandung senyawa alami yang disebut isoflavon.

Isoflavon merupakan antioksidan yang sangat kuat dan berfungsi untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif, yang biasanya dipicu oleh radikal bebas.

Kacang kedelai juga mengandung senyawa aktif tanaman lainnya seperti saponin, yang bisa memberikan manfaat antioksidan bagi kesehatan.

BACA JUGA:El Rumi Ceritakan Awal Mula Aaliyah dan Thariq Bertemu: Kebetulan Saja...

2. Membantu Menurunkan Peradangan

Peradangan adalah respon alami tubuh pada cedera atau infeksi, tapi jika berlangsung dalam jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan dan meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, kanker dan rheumatoid arthritis.

Gejala peradangan meliputi pembengkakan, nyeri, kemerahan dan panas pada area yang terkena, yang semuanya adalah bagian dari proses tubuh untuk melawan dan memperbaiki kerusakan.

Konsumsi susu kedelai secara rutin bisa membantu mengurangi dua protein inflamasi utama, yaitu protein C-reaktif dan faktor nekrosis tumor (TNF).

BACA JUGA:Sedih Dilupakan Anaknya Sendiri, Tamara Bleszynski Curhat di Instagram: Aku Ini Ibumu

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kategori :

Terpopuler