Ukraina Berjuang Pertahankan Daerah Timur, Rusia Maju ke Daerah Kota

Minggu 19-05-2024,07:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Priya Satrio

Ukraina memiliki sekitar 1.000 km garis depan yang harus dipertahankan di timur, utara dan selatan.

Beberapa pertempuran paling sengit pada tahun 2024 berpusat di Chasiv Yar, yang menguasai dataran tinggi penting 12 km dari Kostiantynivka. Letaknya di sebelah barat kota Bakhmut yang hancur dan direbut Moskow tahun lalu setelah berbulan-bulan pertempuran yang memakan banyak korban jiwa.

Kemajuan Rusia di dekat Chasiv Yar, dan lebih jauh ke selatan di sekitar desa Ocheretyne, dapat mendorong perpecahan ke wilayah yang diandalkan oleh perencana perang Ukraina untuk logistik, kata para analis, karena hal itu akan membuka jalan-jalan utama bagi tembakan Rusia.

Jalan raya utama yang mengarah ke barat dari Kostiantynivka sudah terancam. Memotong pasokan listrik sepenuhnya berarti pusat-pusat transit di utara, termasuk Kramatorsk dan Sloviansk, yang keduanya berpenduduk lebih dari 100.000 orang sebelum perang, akan kehilangan jalur pasokan penting.

BACA JUGA:7 Manfaat Konsumsi Belimbing Wuluh Bagi Perempuan, Penting Banget Loh Ini

Serangan baru Rusia di wilayah timur laut Kharkiv, yang dimulai pada hari Jumat, juga berisiko mengalihkan pasukan Ukraina dari front timur, sehingga semakin membahayakan kemampuan mereka untuk mempertahankan garis pertahanan, menurut Emil Kastehelmi, analis lain di Black Bird Group.

“Saat ini, tampaknya tujuan operasi (Kharkiv) adalah untuk menimbulkan kebingungan dan mengikat sisa cadangan Ukraina ke wilayah yang kurang penting,” katanya.

Jack Watling, peneliti senior di lembaga pemikir RUSI yang berbasis di London, mengatakan pasukan Rusia kemungkinan akan melancarkan serangan lebih lanjut di titik utara dan selatan garis depan untuk memperkuat pertahanan Kyiv.

“Setelah Ukraina mengerahkan cadangannya ke arah ini, upaya utamanya adalah perluasan serangan Rusia di Donbas,” tulisnya dalam komentarnya pada tanggal 14 Mei.

Undang-undang baru yang memperkuat upaya mobilisasi Kyiv, yang terhambat oleh skeptisisme publik , mulai berlaku pada 18 Mei. Para ahli dan komandan mengatakan akan memakan waktu beberapa bulan sebelum anggota baru mencapai garis depan dan memperkuat pasukan yang kelelahan di sana.

Kategori :

Terpopuler