6 Cara Efektif Membuat Sepatu Awet Tahan Lama, Anti Jamuran!

Kamis 13-06-2024,18:00 WIB
Reporter : Alviana Anugrahani Putri
Editor : Priya Satrio

Tidak semua jenis sepatu cocok dicuci dengan detergen biasa karena beberapa bahan sepatu bisa rusak atau warnanya menjadi kusam.

Oleh karena itu, pilihlah detergen yang lembut, seperti detergen khusus untuk pakaian bayi, ini merupakan pilihan yang lebih aman untuk menjaga keawetan warna sepatu.

Detergen berbahan lembut ini mengandung kalsium karbonat yang efektif dalam mencegah noda kekuningan yang sering muncul pada sepatu.

BACA JUGA: Zenfone 11 Ultra Resmi Diperkenalkan Oleh ASUS, Apa Aja Sih Kecanggihannya?

4. Pakai Pelindung Khusus Sepatu

Pelindung seperti semprotan anti air atau pelindung debu bisa secara efektif melindungi sepatu dari kerusakan dan mempertahankan kualitasnya.

Semprotan anti air khususnya cocok untuk sepatu berbahan kulit atau suede, mencegah masuknya air dan noda yang sulit dihilangkan.

Pelindung debu juga sangat bermanfaat untuk sepatu yang sering tidak dipakai atau disimpan dalam waktu yang lama, karena bisa mencegah penumpukan debu yang bisa merusak material sepatu.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Aries Hari Ini, Kamis 13 Juni 2024: Peluang Baru Menanti!

5. Jangan Simpan Sepatu Saat Basah

Salah satu hal yang perlu dihindari untuk menjaga sepatu tetap tahan lama adalah menyimpan sepatu dalam keadaan basah.

Kondisi sepatu yang lembab atau basah bisa menyebabkan pertumbuhan jamur dan menyebarkan aroma tak sedap yang sulit dihilangkan, maka, setelah sepatu digunakan, pastikan untuk selalu mengeringkannya dengan baik sebelum menyimpannya.

Salah satu cara efektif adalah dengan mengeringkannya di bawah sinar matahari atau menggunakan hair dryer dengan suhu rendah agar sepatu benar-benar kering sebelum disimpan.

BACA JUGA:Keajaiban Kesehatan Dibalik Mengunyah Permen Karet, Ingat yang Bebas Gula Ya!

6. Gunakan Sepatu Secara Bergantian

Mengganti sepatu secara berkala adalah metode yang efektif untuk mengurangi tingkat keausan, dengan mengganti sepatu yang dikenakan setiap hari, kamu memberi kesempatan pada material dan sol sepatu untuk beristirahat dan kembali ke bentuk semula.

Kategori :

Terpopuler