Simak Tips Mencegah Hipertensi, Cepat Kendalikan!

Rabu 08-11-2023,10:37 WIB
Reporter : Diah Fauziah
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah masalah kesehatan yang umum di seluruh dunia dan menjadi faktor risiko utama untuk penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Berikut ini pentingnya pencegahan dan pengendalian hipertensi serta langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

1. Jaga Berat Badan Sehat

BACA JUGA:Resep Onion Ring yang Gurih dan Super Krispi, Super Lezat Jadi Cemilan Malam di Rumah!

Obesitas adalah salah satu faktor risiko utama untuk hipertensi. Kenaikan berat badan yang signifikan dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, menjaga berat badan yang sehat sangat penting. Anda dapat mencapainya melalui kombinasi diet seimbang dan aktivitas fisik teratur.

2. Makan Diet Sehat

Pilihan makanan yang tepat dapat berperan penting dalam mencegah hipertensi. Kurangi konsumsi garam, makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan tinggi lemak jenuh. Sebaliknya, konsumsilah makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh.

Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah salah satu rekomendasi yang baik untuk mengendalikan tekanan darah.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Aries di Bulan November 2023, Hindari Hal Ini Agar Hidupmu Lebih Tenang!

3. Kurangi Konsumsi Garam

Garam adalah salah satu pemicu hipertensi yang paling umum. Batasi konsumsi garam Anda sesuai dengan panduan rekomendasi, yaitu kurang dari 2.300 mg natrium per hari (sekitar satu sendok teh garam) atau lebih rendah lagi jika Anda memiliki risiko lebih tinggi.

4. Batasi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda mengonsumsi alkohol, lakukan dengan moderat atau lebih baik lagi, hentikan konsumsi alkohol sama sekali.

BACA JUGA:PNIB: Pelapor & Saksi Sudah kembali Diperiksa, Segera Tangkap Rocky Gerung dan Refly Harun!

5. Berhenti Merokok

Kategori :

Terpopuler