Cek 4 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Saat Musim Hujan Tiba

Sabtu 11-11-2023,11:00 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

Hindari menyentuh wajah terutama mata, hidung, dan mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Selain itu, pastikan lingkungan rumah Anda tetap bersih dan kering.

Jangan sampai ada penumpukan barang-barang yang dapat menimbun kelembapan seperti tumpukan pakaian yang belum dicuci, atau barang-barang yang dapat menjadi sarang tikus. Juga pastikan ventilasi udara yang cukup agar udara di dalam rumah tetap segar dan sehat.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Beri Gelar Pahlawan Kepada 6 Tokoh di Hari Pahlawan, Berikut Daftarnya!

3. Hindari Perubahan Suhu yang Drastis

Perubahan suhu yang drastis antara cuaca panas dan hujan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita.

Tubuh harus beradaptasi dengan perubahan suhu tersebut, yang dapat menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Untuk menghindari dampak buruk dari perubahan suhu yang tiba-tiba, selalu kenakan pakaian yang sesuai.

Gunakan pakaian agar nyaman dan tidak terlalu hangat saat cuaca panas, namun tetap aman dari hawa dingin saat hujan. Selain itu, cukupi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup, karena dehidrasi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan.

BACA JUGA:Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Ampuh untuk Perbaiki Mental

4. Tetap Aktif dan Berolahraga

Meskipun cuaca di luar rumah tidak mendukung untuk beraktivitas, tetaplah aktif dan berolahraga secara teratur selama musim hujan.

Olahraga merupakan cara yang efektif untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Lebih utama jika Anda bisa berolahraga di dalam ruangan, seperti jalan di treadmill atau bersepeda statis.

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah, pastikan untuk menggunakan pakaian yang sesuai dan menghindari terkena air hujan secara langsung. Setelah beraktivitas di luar, selalu ganti pakaian basah dengan segera dan berkeringat.

Kategori :

Terpopuler