Mau Punya Kulit Super Glowing? Coba Pakai 10 Bahan Alami Ini

Minggu 17-12-2023,10:33 WIB
Reporter : Maulina Theodora
Editor : Priya Satrio

BACA JUGA:5 Jenis Makanan yang Mengandung Tinggi Kolagen, Kulit Auto Sehat dan Awet Muda!

3. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat mengurangi bercak hitam serta meredakan jerawat. Cara memutihkan kulit secara alami menggunakan cuka apel dapat dilakukan secara rutin 1–2 kali sehari

Caranya, encerkan cuka apel menggunakan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan larutan tersebut ke kulit, diamkan selama 2–3 menit, lalu bilas.

4. Teh hijau

ECGC (Epigallo-catechin-3-gallate) merupakan salah satu zat aktif yang terdapat dalam teh hijau. Zat ini bersifat antioksidan dan memiliki kemampuan sebagai pencerah kulit.

Penelitian menunjukkan, ekstrak teh hijau dapat mengobati melasma atau bintik-bintik hitam di wajah. Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mengatasi kerusakan DNA akibat paparan sinar UV, mencegah penuaan dini, kemerahan, iritasi, serta melembapkan kulit.

Cara memutihkan kulit secara alami menggunakan teh hijau bisa dilakukan dengan mengolahnya menjadi masker. Campurkan 1 sendok makan (sdm) bubuk teh hijau dengan 1 sdm madu dan 1 sdm gula pasir. Oleskan masker tersebut ke wajah, diamkan selama 10–15 menit, lalu bilas.

BACA JUGA:Pentingnya Eksfoliasi untuk Wajah: Rahasia Tersembunyi di Balik Kulit Cantik dan Awet Muda

5. Tomat

Lycopine pada tomat merupakan anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membuat kulit menjadi cerah. Tomat juga berfungsi sebagai tabir surya untuk memperkecil kerusakan karena sinar UV.

6. Lidah buaya

Dilansir dari Healthline, lidah buaya mengandung senyawa aloin yang dapat memutihkan kulit dengan cara menghambat pembentukan melanin.

Menurut sebuah penelitian dari National Library of Medicine, efek antiinflamasi pada lidah buaya juga efektif mengatasi jerawat.

Untuk memutihkan kulit secara alami, oleskan gel lidah buaya murni sebelum tidur. Lalu, bilas menggunakan air hangat pada keesokan paginya.

BACA JUGA:Jangan Salah, Pemakaian Masker Tomat yang Benar Agar Kulit Glowing Tuh Seperti Ini Lho

Kategori :

Terpopuler