13 Rekomendasi Buah dan Sayur untuk Melancarkan BAB

Minggu 14-01-2024,08:00 WIB
Reporter : Maulina Theodora
Editor : Priya Satrio

11. Buah Sitrus

Buah sitrus, seperti  jeruk, lemon, jeruk nipis, anggur, dan buah clementine menjadi makanan pelancar BAB selanjutnya.

Di dalamnya mengandung beberapa senyawa yang dapat mengurangi sembelit, termasuk pektin dan naringenin.

12. Bayam dan Sayuran Hijau Lainnya

Makanan pelancar BAB selanjutnya adalah bayam dan sayuran hijau lainnya. Di dalamnya mengandung serat, folat, juga vitamin C dan K, yang dapat membantu menambah massa dan berat pada tinja, sehingga lebih mudah melewati usus.

13. Pepaya 

Pepaya termasuk buah yang mengandung banyak nutrisi, termasuk serat. Dalam 100 gram buah pepaya, dapat mengandung 1,3 gram serat yang berguna untuk mengatasi sembelit atau melancarkan proses pencernaan.

Menariknya, selain serat, pepaya juga mengandung banyak nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh, seperti: Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Kalium, Kalsium, Magnesium, Karbohidrat, Papain.

Kandungan papain dalam pepaya bahkan dapat berfungsi untuk mengurai protein dalam usus dan memperlancar keluarnya air susu ibu (ASI). 

Selain itu, papain yang merupakan salah satu enzim protease bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan proses pencernaan protein. 

BACA JUGA:12 Bahan Masker Wajah Alami untuk Tipe Wajah Kering, Gampang Banget Dapatnya Nih

Pepaya juga dilaporkan mengandung karpaina, yakni jenis alkaloid yang berfungsi untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung, peluruh cacing, mengatasi sariawan, mengatasi infeksi, meredakan demam, termasuk melancarkan saluran pencernaan dan mengatasi susah BAB. 

Beberapa buah untuk melancarkan BAB di atas bisa Anda konsumsi secara rutin. Selain itu, walau tidak seterkenal buah yang lain, ada juga buah lontar.

Buah ini juga tergolong kaya serat. Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, sebaiknya buah-buahan tersebut dikonsumsi dalam keadaan masih segar dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Anda juga bisa mengolah jenis buah-buahan di atas menjadi jus. Selain memenuhi kebutuhan cairan, buah yang diolah dalam bentuk jus juga dapat membantu pergerakan usus guna mengatasi konstipasi.

Namun, pastikan Anda mengonsumsi jus buah tidak lebih dari 1 gelas per hari dan tidak menambahkan gula.

Kategori :

Terpopuler