Terungkap! Ini Penyebab Wanita Lebih Kena Rentan Penyakit Hipertiroidisme daripada Laki-laki

Senin 15-01-2024,19:00 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

Obat antitiroid biasanya bekerja menghambat produksi hormon tiroid. Obat-obatan seperti propylthiouracil dan methimazole biasanya menjadi favorit sebagai obat antitiroid.

Selain itu, ada beta blocker yang juga berguna untuk kondisi serius karena mereka mengatur jantung kita dan melindunginya sampai pengobatan hipertiroidisme lainnya berhasil.

Terapi radioiodin

Dalam hal ini, seperti namanya, pasien perlu mengonsumsi 131 Yodium (radioaktif) untuk mengurangi aktivitas tiroid berlebih. Sifat radioaktif Yodium inilah yang dimanfaatkan untuk menghancurkan sel-sel kelenjar tiroid secara perlahan.

Namun, terapi ini biasanya dipertimbangkan hanya jika pengobatan tidak efektif karena terapi ini memiliki beberapa efek samping dan dapat menyebabkan hipotiroidisme setelah pengobatan.

BACA JUGA:8 Tips Budidaya Ikan Lele Agar Bisa Cepat Dijual, Bisnis Kecil Potensi Cuan Besar!

Operasi tiroid

Jika tidak ada yang berhasil, pembedahan akan dilakukan. Di sini, seluruh kelenjar tiroid diangkat, dan untuk hormon tiroid diberikan obat-obatan terpisah.

Penyakit Graves adalah suatu kondisi serius yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius pada tubuh kita.

Jadi kesimpulannya, jika Anda mencurigai adanya gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan ke penyedia layanan kesehatan terdekat dan dapatkan pengobatan secepat mungkin.

Kategori :