Terungkap! Ini Penyebab Wanita Lebih Kena Rentan Penyakit Hipertiroidisme daripada Laki-laki

Senin 15-01-2024,19:00 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

BACA JUGA:6 Pilihan Warna Lipstick yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang, Nomor 4 Bikin Tampilan Makin Memukau!

Dilansir dari laman Sportskeeda, ternyata ada berbagai penelitian yang menyatakan bahwa perempuan lebih rentan terkena penyakit Graves dibandingkan laki-laki.


Bahaya Penyakit Hipertiroidisme Bagi Kaum Wanita---Freepik

Apa saja gejalanya?

Gejala kondisi ini cukup mirip dengan gejala hipertiroidisme. Gejala-gejala ini mungkin memerlukan waktu untuk menjadi terlihat dan lazim.

Gejala Umum

Beberapa di antaranya adalah jantung berdebar, gugup, iritasi, berat badan turun drastis, penyakit gondok (pembesaran kelenjar tiroid), diare, atau gangguan tidur.

BACA JUGA:Pegal-pegal di Tangan Buat Aktivitas Terganggu? Santai, Ini 5 Tips Mengatasinya

Penyakit mata Graves

Penyakit Graves juga dapat menyebabkan penyakit mata Graves yang menyebabkan mata menonjol disertai rasa nyeri, tertekan, sensitif terhadap cahaya, dan pandangan kabur. Kondisi ini juga disebut Graves Ophthalmopathy terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita mulai menyerang jaringan di mata kita.

Demikian pula, ada kondisi lain yang disebut dermopati Graves yang menyebabkan penebalan kulit di sekitar tulang kering sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri.

  • Efek pada wanita

Wanita mungkin mengalami menstruasi tidak teratur, kelemahan otot, dan kesulitan untuk hamil. Hal ini karena perempuan mempunyai respon imun yang lebih kuat dibandingkan laki-laki, sehingga dampak penyakit serius lebih banyak menimpa perempuan dibandingkan laki-laki.

BACA JUGA:Ketua Umum Holistik Institute Tegaskan Ucapan Kapolri Soal 'Estafet Kepemimpinan' Jangan Dipolitisasi

Pengobatan penyakit Graves

Diagnosisnya dilakukan dengan mempertimbangkan hubungan keluarga dengan tiroid dan melakukan tes darah yang berhubungan dengan tiroid. Ada beberapa pengobatan yang tersedia untuk pengelolaan penyakit Graves yang efektif.

Obat antitiroid

Kategori :