PENTING! Begini Cara Mengelola dan Mengobati Sakit Liver yang Benar, Jangan Sampai Salah

Minggu 28-01-2024,09:00 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

3.) Dapatkan Vaksinasi

Jika Anda lebih mungkin terkena hepatitis atau pernah mengalaminya sebelumnya, dapatkan vaksin hepatitis A dan hepatitis B.

4.) Cerdas dengan Obat-obatan

Jangan menggunakan obat resep atau obat bebas kecuali Anda membutuhkannya. Dan ambillah sesuai petunjuk.

BACA JUGA:Ampuh! 6 Tips Menambah Tinggi Badan di Usia 14 Tahun, Bikin Kamu Makin Percaya Diri

5.) Waspadai hal-hal seperti tertusuk jarum atau tumpahan cairan tubuh

Penyakit, termasuk hepatitis, bisa menyebar melalui cara ini.

6.) Tetap terhidrasi

Pastikan untuk membersihkan tangan Anda sebelum makan atau memasak. Jika Anda bepergian, bawalah botol air Anda sendiri.

7.) Kenakan sarung tangan

Saat Anda menggunakan bahan-bahan seperti semprotan serangga, semprotan tanaman, cat, atau bahan kimia kuat lainnya, selalu gunakan masker. Kenakan sarung tangan, baju lengan panjang, topi, dan masker untuk menjauhkan bahan kimia berbahaya dari kulit Anda.

8.) Pertahankan berat badan Anda

Membawa terlalu banyak beban dapat menyebabkan penyakit liver berlemak non-alkohol. Ingat, menjaga liver Anda seperti menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Buat ini berarti!

Liver Anda adalah organ penting, memainkan dua fungsi: pencernaan dan detoksifikasi. Namun, berbagai faktor seperti virus, alkohol, kelebihan berat badan, dan bahkan gen dapat berdampak pada liver Anda, sehingga menyebabkan penyakit dan masalah kesehatan yang besar.

Liver yang sehat sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Pastikan untuk merawat liver Anda dan menjaganya tetap berjalan lancar!

Kategori :

Terpopuler