Cek Daftar Sifat Orang yang Memiliki Kecerdasan di Atas Rata-rata, Kamu Termasuk?

Kamis 01-02-2024,09:00 WIB
Reporter : Diah Fauziah
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Psikoterapis dan pelatih karier yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Jenny Maenpaa, mengatakan bahwa seseorang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata atau sangat cerdas biasanya mudah dikenali, meski jarang diketahui tanda-tandanya. 

Adapun salah satu tanda yang bisa dilihat dari sifatnya adalah menjadi seorang pendengar yang baik. Apa korelasinya dan bagaimana hal ini dapat diartikan?

Ketika seseorang memiliki kecerdasan di atas rata-rata, dia cenderung memiliki kepekaan yang meningkat dalam mendengarkan orang lain. Mereka tidak hanya membaca apa yang diucapkan, tetapi juga mampu membaca bahasa tubuh dan ekspresi wajah dengan sangat baik. 

Keterampilan ini dikenal sebagai active listening atau mendengarkan secara aktif.

BACA JUGA:Puluhan RT di DKI Jakarta Terendam Banjir Akibat Hujan Deras, Ada yang Lebih dari 1 Meter!

Active listening melibatkan pengamatan dan analisis mendalam terhadap interaksi sosial. Orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata mampu melihat suatu interaksi secara holistik atau menyeluruh sebagai satu kesatuan. 

Mereka dapat menggabungkan informasi verbal dan nonverbal untuk memahami konteks dan nuansa pesan yang disampaikan. Inilah sebabnya mengapa mereka sering dianggap sebagai pendengar yang baik.

Melalui active listening, mereka mampu mencerna informasi dengan cepat dan efisien. Mereka tidak hanya mencari ide-ide yang sejalan dengan pemikiran mereka sendiri, tetapi juga mampu memahami dan menghargai perspektif orang lain. 

Mereka tidak terlalu cepat dalam memberikan tanggapan yang mereka anggap tepat, tetapi memfokuskan pada memahami pesan yang ingin disampaikan oleh lawan bicaranya. Dalam konteks ini, kecerdasan di atas rata-rata dapat dilihat dalam kemampuan mereka untuk menjaga pikiran terbuka dan fleksibel.


Inilah Sifat Di Antara Orang yang Memiliki Kecerdasan Di Atas Rata-Rata--freepik

Selain itu, orang yang sangat cerdas juga cenderung memiliki kebiasaan menanyakan pertanyaan yang relevan dan bernilai. Mereka mampu mengidentifikasi titik-titik penting dan menyusun pertanyaan yang dapat memperluas pemahaman lebih lanjut. 

Mereka berusaha mencapai tujuan melalui komunikasi yang efektif, bukan hanya mendengar suara mereka sendiri.

Sifat kedua yang sering dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka selalu haus pengetahuan dan ingin terus belajar serta mengembangkan diri. 

Mereka memiliki semangat eksplorasi yang kuat dan tidak pernah puas dengan pengetahuan yang sudah dimiliki. Rasa ingin tahu yang tinggi ini sering kali menjadi dorongan bagi mereka untuk terus mencari solusi inovatif dan meningkatkan kualitas hidup.

BACA JUGA:Kementrian BUMN Bantah Tegas Isu Whoos Sepi Peminat: Lagi Sepi Ya Kurang

Kategori :

Terpopuler