Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Berikut Cara yang Tepat dan Efektif yang Perlu Kamu Coba!

Minggu 04-02-2024,16:00 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Mungkin diantara kalian kerap membersihkan telinga dengan cara yang bervariatif, salah satunya yaitu dengan mengorek bagian dalam telinga dengan menggunakan cotton bud atau pun alat lainnya.

Yang menjadi pertanyaannya, apakah bagian dalam telingaperlu dibersihkan atau tidak? banyak sekali orang yang bertanya-tanya terkait hal ini.

Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan memberikan informasi mengenai cara efektif dan tepat untuk membersihkan telinga, agar kalian semua dapat mengetahui hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya.

BACA JUGA:Ide Sarapan Pagi: Cara Membuat Tiramisu Overnight Oats, Penambah 'Mood Baik' Sebelum Beraktivitas

Dilansir dari Kanal Youtube DRV CHANNEL, disebut bahwa membersihkan bagian dalam telinga tidak perlu untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan bahwa kotoran telinga secara alami dapat keluar dengan sendirinya tanpa dikorek sekalipun.

dr. Adela Nadya Letissia mengatakan bahwa kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya yang disebabkan oleh gerakan rahang yang kita lakukan.

"Kotoran telinga itu sendirinya, setelah dia akan kering itu akan keluar secara sendirinya dengan gerakan rahang yang kita perbuat, misalnya dengan berbicara, dengan mengunyah," ucap dr. Adela, dilansir dari Kanal Youtube DRV CHANNEL pada Minggu, 4 Februari 2024.

Dengan demikian, kita cukup membersihkan bagian luar telinga saja.

"Setelah kotoran telinganya kering, kotoran telinganya itu akan keluar menuju bagian luar dan nantinya yang perlu dibersihkan hanya bagian luarnya saja," jelasnya.

BACA JUGA:Ingin Punya Penghasilan Tambahan dari Internet? Coba 5 Cara Menghasilkan Uang Ini, Dijamin Cuan!

Lantas, bagaimana apabila kita terlalu sering membersihkan bagian dalam telinga dengan menggunakan cotton bud atau alat besi yang biasa digunakan?. Dijelaskan bahwa alat yang mengorek ke dalam telinga hanya dapat memperburuk kondisi telinga.


Bahaya membersihkan telinga dengan cotton bud -Greta Hoffman-pexels

Dia juga mengungkapkan kendala yang dapat dialami ketika kita terlalu sering menggunakan cotton bud.

"Kalau kita menggunakan kapas, itu nanti dia akan mendorong kotoran telinga menjadi lebih masuk ke dalam, sehingga menutupi gendang telinga," ucapnya.

Kondisi ini justru dapat memperkecil pendengaran dan telinga terasa penuh, pendengaran menjadi jauh serta sulit untuk mendengar. Apabila Anda merasakan kendala ini, maka segera konsultasikan kepada tenaga medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kategori :

Terpopuler