Bulan Ramadan Segera Tiba, Kenali 3 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Jumat 01-03-2024,11:00 WIB
Reporter : Restu Herlambang
Editor : Priya Satrio

Dengan demikian, puasa bukan hanya merupakan kewajiban agama, tetapi juga dapat menjadi alat efektif dalam mencapai tujuan penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

2. Mengatur kondisi gula darah

Keuntungan lain dari berpuasa bagi kesehatan adalah kemampuannya untuk mengatur kadar gula darah. 

BACA JUGA:Cek! Promo Kabisat Spesial Burger Bangor 29 Februari, Ada Giveaway Hampers Gratis untuk 4 Orang Pemenang

Hal ini terjadi karena puasa dapat membantu mengatasi resistensi insulin, suatu kondisi di mana sel-sel tubuh tidak merespons dengan baik terhadap hormon insulin yang penting untuk mengatur gula darah. 

Dengan tidak adanya asupan makanan selama puasa, tubuh memaksa dirinya sendiri untuk mengandalkan cadangan energi, seperti lemak, yang mengurangi kebutuhan akan insulin dan mencegah lonjakan gula darah.

Selain itu, puasa juga efektif dalam menjaga kadar gula darah karena mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula, dua zat yang dapat memicu peningkatan gula darah dalam tubuh. 

Dengan demikian, puasa tidak hanya menjadi aspek ibadah, tetapi juga merupakan strategi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, terutama bagi orang dengan risiko diabetes atau masalah gula darah lainnya.

BACA JUGA:Update Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Jumat 1 Maret 2024: Langit Berpotensi Hujan, Waspada Petir!

3. Menambah kesehatan jantung

Salah satu manfaat berpuasa lainnya adalah kemampuannya dalam mengatur kadar kolesterol tubuh. 

Tidak hanya itu, penyesuaian pola makan selama berpuasa juga dipercaya dapat membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kedua kondisi tersebut merupakan faktor risiko utama yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit jantung. 

BACA JUGA:Promo Kabisat Spesial 29 Februari 2024: Dapatkan 2 Loyang Hanya dengan Rp90 Ribuan di Domino's Pizza!

Oleh karena itu, berpuasa dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor-faktor yang dapat memicu risiko penyakit jantung itu sendiri.

Dengan mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah, berpuasa tidak hanya menjadi ibadah spiritual, tetapi juga merupakan strategi yang berpotensi memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. 

Kategori :

Terpopuler