Sering Mengalami Kaki Kram di Malam Hari? Yuk, Kenali Penyebab dan Solusi Efektifnya!

Sabtu 02-03-2024,21:00 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

3. Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Aktivitas berlebih bisa membuat otot kaki lebih rentan mengalami kram di malam hari. Jika kalian melakukan olahraga maka pastikan Anda telah melakukan pemanasan terlebih dahulu.

BACA JUGA:PENTING! Ini Dia Daftar Penyakit yang Tidak Dicover BPJS Kesehatan

Selain itu, hindari memaksakan otot hingga kelelahan. Dengan melakukan hal ini, maka Anda bisa terhindar dari kram yang menghantui saat malam hari.

4. Sirkulasi Darah yang Buruk

Terkadang, kram juga menunjukkan adanya masalah dengan sirkulasi darah yang buruk. Hal ini bisa terjadi pada penyakit arteri peripheral atau diabetes. Lakukan olahraga dengan teratur dan hindari duduk bersilang terlalu lama dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah.

5. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan seperti diuretic, statin, antipsikotik juga dapat meningkatkan risiko kram pada kaki sebagai efek samping. Memang efek samping ini tidak muncul pada setiap orang, tapi pada beberapa orang yang sensitif dapat meningkatkan risiko kram.

Namun, jika kalian mengalami hal ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum berinisiatif menghentikan mengonsumsinya. Dokter akan memberikan solusi yang relevan, baik itu menurunkan dosis atau menggantikan obat lain yang lebih aman.

BACA JUGA:9 Cara Menjaga Kesehatan Mental dengan Baik, Tanpa Perlu Datang ke Psikolog

Itulah beberapa penyebab kaki mengalami kram saat malam hari. Dengan memahami penyebab kaki kram saat tidur di malam hari dan mengambil langkah-langkah preventif yang tepat, kita dapat mengurangi risiko kaki kram dan tidur dengan nyaman setiap malam. 

Jadi, jangan biarkan kaki kram mengganggu tidur kita lagi, ya! Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Kategori :

Terpopuler