5 Tips Persiapan Diri Sebelum Berpuasa, Biar Nggak Sia-sia Selama Satu Bulan

Kamis 07-03-2024,07:00 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Simak cara untuk mempersiapkan diri sebelum berpuasa di bulan suci Ramadhan 2024.

Tak terasa kita semua akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan lagi.

Selama bulan ini, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa dari fajar hingga maghrib selama 30 hari penuh tanpa makanan atau minuman.

Saat awal-awal puasa, tubuh akan mengalami penyesuaian yang tidak mudah.

BACA JUGA:Dokter Ungkap Cara Cegah Sakit Pinggang Akibat Lama Duduk, Bisa Sebbakan Penyakit Ginjal?

Oleh karena itu, persiapan fisik dan mental sangat penting dilakukan agar puasa Ramadan bisa dijalani dengan baik dan lancar.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempersiapkan diri menjelang puasa Ramadan agar tubuh tidak "kaget" dan bisa menyesuaikan dengan baik:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Sebelum memulai puasa, penting untuk meningkatkan konsumsi air putih. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap terhidrasi saat berpuasa dan juga membantu mengurangi rasa lapar dan haus. Selalu pastikan untuk minum banyak air putih sebelum waktu sahur tiba.

BACA JUGA:Greenpeace Serukan Darurat Iklim: Penggunaan Energi Fosil Perburuk Krisis di Indonesia!

2. Makan Sedikit Tapi Sehat

Jelang Ramadan, hindari kebiasaan makan berlebihan. Sebaiknya, kurangi porsi makan dan pilih makanan sehat dengan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Hindari makanan berlemak, tinggi garam, atau berlebihan gula yang dapat membuat tubuh terasa lemah selama puasa.

3. Tetap Tidur dengan Teratur

Pola tidur yang teratur memiliki peran penting selama bulan Ramadan. Rencanakan pola tidur yang sesuai dengan jadwal ibadah dan aktivitas harian.

Pastikan untuk tidur lebih awal dari biasanya agar bisa bangun untuk sahur dengan segar. Jangan lupa untuk punya waktu istirahat singkat di siang hari jika diperlukan.

Kategori :

Terpopuler