Bibir Hitam? Ternyata Ini 7 Penyebabnya yang Harus Kamu Tahu!

Jumat 08-03-2024,14:00 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

4. Paparan Sinar Matahari

Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak pigmen kulit bibir dan menyebabkan warnanya menjadi gelap.

5. Bibir Terlalu Kering

Salah satu penyebab utama bibir hitam adalah kurangnya kelembapan pada bibir. Ketika bibir tidak lembab, kulit pada bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini membuat bibir terlihat gelap dan tidak sehat. 

BACA JUGA:Bibir Kering Bikin Tak Pede? Ikuti Tips Ampuh Ini Pasti Pecah-pecah Auto Hilang

Bibir yang kering dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti cuaca yang ekstrem, kebiasaan menggigit bibir, kurangnya asupan cairan, atau penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok.

6. Sering Menjilat Bibir

Selain itu, kebiasaan menjilat bibir juga dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Kebiasaan ini dapat membuat bibir menjadi kering dan dapat membuat kulit bibir menjadi lebih gelap.

7. Kondisi Medis Tertentu

Selain faktor gaya hidup, kondisi medis tertentu juga dapat menjadi penyebab bibir hitam. Salah satu kondisi medis yang dapat menyebabkan bibir hitam adalah anemia atau kekurangan zat besi dalam tubuh.

Efek samping dari kemoterapi, defisiensi vitamin juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Selain itu, penggunaan fluoride secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping ini.

 BACA JUGA:5 Kesalahan yang Bikin Lipstik Tidak Awet di Bibir, Ketahui Agar Tak Perlu Touch Up Lagi!

Untuk mengatasi bibir hitam, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

- Jaga kebersihan bibir dengan rajin membersihkannya setiap hari. Gunakan lip balm atau pelembab bibir secara teratur untuk menjaga kelembapan bibir dan mencegahnya menjadi kering dan hitam.

- Hindari menggigit atau menjilat bibir secara berlebihan, karena hal ini dapat menyebabkan iritasi dan membuat bibir menjadi hitam.

- Menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman berkafein

Kategori :

Terpopuler