Bibir Kering Bikin Tak Pede? Ikuti Tips Ampuh Ini Pasti Pecah-pecah Auto Hilang

Bibir Kering Bikin Tak Pede? Ikuti Tips Ampuh Ini Pasti Pecah-pecah Auto Hilang

Gak PEDE Miliki Bibir Kering? Berikut Tips Ampuh Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah--Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bibir kering dan pecah-pecah kerap mengganggu penampilan serta kesehatan bibir.

Sebabnya, bibir kering akan tampak lebih gelap, mengelupas dan berdarah, terutama jika Anda tidak merawatnya dengan baik.

Penyebab bibir kering yang dialami terkadang dikarenakan oleh kebiasaan yang disepelekan. Namun, Anda yang memiliki kulit kering bisa lebih sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dan transparan di bagian epidermis pada struktur kulit, yang disebut stratum korneum. Di bawahnya, ada lapisan pembuluh darah yang memberi warna kemerahan pada bibir.

BACA JUGA:Flek Hitam Bikin Nggak Pede? Lakukan Perawatan Ini untuk Menghilangkannya

Bedanya dengan kulit wajah, kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Oleh karena itu, lapisan bibir lebih mudah kering dan pecah-pecah. 

Kurangnya kelembapan adalah penyebab paling umum dari bibir kering dan mengelupas, baik dari faktor lingkungan maupun kurangnya perawatan pada bibir.

Berikut ini beberapa penyebab bibir kering dan pecah antara lain:

  1. Kurang minum air putih
  2. Menjilat bibir
  3. Menggigit bibir
  4. Minum terlalu banyak alkohol
  5. Makanan asin atau pedas
  6. Paparan sinar matahari berlebihan
  7. Konsumsi obat-obatan
  8. Faktor cuaca
  9. Kekurangan vitamin
  10. Kondisi kesehatan yang kurang baik

BACA JUGA:Stop Pencet Jerawat! Lakukan 5 Perawatan Ini untuk Mengatasinya

Untuk mencegah serta mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, ada cara tersendiri untuk menjaga kesehatan bibir yang berbeda dengan perawatan kulit di bagian tubuh lainnya.

Melansir dari laman Alodokter, berikut ini cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah:

1. Gunakan petroleum jelly, bahan yang dapat dioleskan pada permukaan kulit ini, bermanfaat melindungi kadar cairan pada permukaan kulit. Dengan demikian, kulit akan terjaga kelembapannya sekaligus membantu proses penyembuhan apabila terjadi luka pada kulit tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu oleskan petroleum jelly pada bibir secara teratur.

2. Gunakan pelembap bibir yang mengandung tabir surya setiap beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah efek paparan ultraviolet yang dapat membuat kulit termasuk bibir menjadi kering dan mudah mengelupas.

3. Jika bibir Anda termasuk sensitif, hindari terpapar alergen yang dapat memicu kambuhnya alergi. Salah satu contoh alergen adalah produk kosmetik yang mengandung wewangian atau bahan kimia tertentu.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya