Mitos Atau Fakta? Penelitian Terbaru Ungkap Pengaruh Bulan Purnama Terhadap Perubahan Perilaku Manusia

Selasa 19-03-2024,08:00 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Pada bulan purnama sudah telah lama menjadi sebuah subjek kontroversi dan spekulasi di antara masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat yang telah mempercayai bahwa pada fase bulan ini dapat memengaruhi pada perilaku manusia, dapat memicu kejadian aneh, bahkan dapat meningkatkan tingkat kejahatan.

Namun dari itu, sejauh mana klaim ini dapat didukung oleh bukti ilmiah yang solid? Mari kita cek fakta terbaru dari penelitian terkini.

BACA JUGA:Mau Mudik Gratis Naik Kapal Laut? Segera Daftar di Sini, Cek Seluruh Tujuannya

Menurut Dr. Amanda Lee, yang dimaan merupakan seorang ahli psikologi yang telah terlibat dalam penelitian ini, telah menjelaskan bahwa sudah banyak kepercayaan tentang apa saja pengaruh dari bulan purnama terhadap pada perilaku manusia yang didasarkan adanya mitos dan superstisi.

"Meskipun ada banyak cerita dan legenda yang menghubungkan bulan purnama dengan peristiwa-peristiwa aneh atau kejahatan, bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung klaim tersebut masih sangat minim," ujar Dr. Amanda Lee.

Namun dengan demikian, pada beberapa penelitian kecil sudah telah menunjukkan adanya sebuah kolerasi antara fase bulan dan pada beberapa aspek perilaku manusia, seperti pada tidur yang kurang berkualitas dan adanya peningkatan aktivitas di unit gawat darurat rumah sakit.

Namun dari itu, pada hasil-hasil ini masih menjadi sebuah kontroversial dan belum dapat dipastikan pada kebenarannya.

BACA JUGA:Viral! Aksi Nekat Emak-emak Berkendara Melawan Arus di Jalan Raya, Bikin Netizen Geram

Sebagai gantinya, pada penelitian ilmiah ini lebih cenderung menyoroti adanya faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi pada perilaku manusia, seperti pada faktor genetik, lingkungan, dan bisa saja dari faktor psikologis.

Pada kondisi cuaca, stres, dan adanya perubahan sosial juga dapat memiliki dampak yang akan lebih signifikan dari pada fase bulan.

Meskipun dengan demikian, pada fenomena psikologis yang telah di kenal sebagai "efek bulan purnama" tetap akan selalu menjadi topik sebuah perbincangan yang sangat menarik di kalangan masyarakat.

Banyak masyarakat yang telah percaya bahwa pada kehadiran bulan purnama dapat memengaruhi pada emosi dan suasana hati mereka, pada meskipun bukti ilmiah yang mendukung pada klaim ini masih kurang jelas.

BACA JUGA:Promo Spesial BCA di Bulan Ramadhan Hingga 50% untuk Makanan dan Minuman, Buruan Cek Sekarang!

Pada beberapa orang telah melaporkan ketika mereka merasa lebih gelisah atau mudah tersinggung selama fase bulan purnama, pada meskipun hal ini juga dapat disebabkan oleh adanya faktor-faktor lain seperti pada stres atau perubahan pada hormon.

Kategori :