Bahaya Telur Ayam Tidak Segar: Kenali Tandanya, Jangan Sampai Dikonsumsi!

Selasa 19-03-2024,15:00 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

Jika anda telah mencium bau yang sangat busuk atau tidak wajar, sebaiknya telur tersebut tidak untuk dikonsumsi.

Selain adanya tanda-tanda terhadap fisik telur ayam, pada kondisi penyimpanan telur juga dapat memengaruhi pada kesegarannya.

Telur ayam sebaiknya disimpan dalam lemari es atau kulkas untuk dapat memperlambat adanya pertumbuhan bakteri dan dapat menjaga kualitasnya.

BACA JUGA:Bibir Hitam? Tenang Saja, Ini Dia Rekomendasi 7 Lip Serum Terbaik untuk Mencerahkannya!

Hindari pada penyimanan telur ayam di tempat yang terlalu panas atau terkena sinar matahari secara langsung, di karenakan pada hal ini dapat mempercepat pada proses pembusukan pada telur ayam.

Sangat penting untuk dapat diingat bahwa jika kita mengonsumsi telur ayam yang tidak segar dapat meningkatkan adanya risiko keracunan makanan dan adanya infeksi seperti pada bakteri yaitu Salmonella.

Pada gejala keracunan makanan dapat bervariasi, mulai dari gejala mual dan muntah hingga diare dan demam.

Jika anda telah mengalami dari gejala-gejala tersebut setelah mengonsumsi telur, segera dapat konsultasikan dengan profesional medis.

BACA JUGA:7 Tips Glow Up Agar Tampil Memukau di Lebaran, Auto Fresh dan Glowing!

Selain itu juga, sangat penting untuk dapat memperhatikan pada cara memasak telur ayam dengan benar untuk dapat memastikan keamanan dari telur ayam tersebut.

Memasak telur hingga matang secara menyeluruh dapat membunuh bakteri yang mungkin saja ada di dalam telur ayam.

Hindari untuk mengonsumsi telur mentah atau setengah matang, seperti pada telur dadar setengah matang atau telur rebus yang dimana kuning nya masih sangat cair.

Dalam adanya beberapa kasus yang ada, telur ayam yang sangat terlihat baik-baik saja dari luas juga dapat mengandung bakteri yang sangat berbahaya.

BACA JUGA:Tips Berpuasa Tetap Sehat, Ikuti Panduan Olahraga Optimal Selama Bulan Ramadan

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk dapat membeli telur dari sumber yang sudah terpercaya dan mengonsumsinya sesegera mungkin setelah kita membelinya.

Dalam kesimpulan, mengenali tanda-tanda telur ayam yang tidak segar sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah risiko keracunan makanan. 

Kategori :

Terpopuler