Dilihat dari cara kerjanya, karburator memang terbilang masih bekerja secara manual jika dibandingkan dengan sistem injeksi.
Meskipun begitu, karburator lebih mudah untuk diutak-atik ketika terjadi kerusakan atau ingin diatur ulang.
Tidak harus menggunakan alat canggih, cukup menggunakan obeng minus (-) Kalian sudah bisa mengutak-atik karburator motor.
Misalnya, Kalian ingin mengatur karburator agar lebih hemat penggunaan bahan bakarnya, Kalian cukup putar setelan gas dan bahan bakar agar pasokannya bisa lebih kecil.
BACA JUGA:MK Menggelar Kembali Agenda Sidang Sengketa Pilpres 2024: Pemeriksaan Saksi Kubu AMIN
Selain itu, dengan mengandalkan obeng tersebut Kalian juga bisa mengganti pilot jet dan main jet dengan ukuran yang lebih besar untuk memperlancar aliran BB.
Bagian-Bagian Karburator Motor
Dalam menyokong fungsinya sebagai penggabung udara dan bahan bakar, tentu ada bagian-bagian karburator yang bekerja.
Bagian-bagian tersebut di antaranya sebagai berikut:
• Main Jet
Ini adalah bagian yang menentukan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam udara.
Ukuran diameter main jet akan mempengaruhi jumlah bahan bakar yang masuk ke mesin.
BACA JUGA:Terbaru! Intip Ramalan 5 Zodiak Hari Ini, Pisces Jangan Lupa Sembuhkan Luka Jiwa Ya
Main jet yang lebih besar akan menyemprotkan lebih banyak bahan bakar.
Sementara ia yang lebih kecil akan menyemprotkan lebih sedikit bahan bakar.