Mau Tahu Rem Hidrolik Mobil? Intip Cara Kerjanya dan Komponennya di Sini

Selasa 02-04-2024,09:04 WIB
Reporter : Prasuda Mega
Editor : Priya Satrio

BACA JUGA:Hematnya Makan Bersama di A&W Restaurants dengan Promo Super Deals, Mulai dari Rp 20 Ribuan!

Pada bagian ini, pedal rem terhubung langsung dengan piston yang ada di dalam master silinder. 

Saat pedal rem ditekan, maka tuas rem akan mendorong piston untuk masuk ke master silinder.

Piston yang terdorong akan membuat ruang di depan piston menjadi mengecil. 

Tidak hanya itu, dorongan tersebut juga bisa menyebabkan saluran reservoir menjadi tertutup. 

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Primbon: Lahir Kamis Legi Pemberi Kebijaksanaan, Apa Rahasianya?

Dengan cara tersebut, fluida yang ada di depan piston akan terdorong keluar melewati saluran utama melalui brake lines. 

Selanjutnya tekanan tersebut akan diteruskan ke seluruh actuator pengereman dengan besar yang sama.

Ketika tekanan fluida telah mencapai silinder roda, maka minyak rem yang bertekanan tersebut akan menggerakkan piston yang ada pada silinder roda agar menekan kampas rem. 

Pada tahap inilah proses kerja rem hidrolik terjadi.

BACA JUGA:Promo Lebaran Package dari Richeese Factory: Nikmati Chicken Whole + 1 Liter Minuman Semurah Ini!

Dalam proses sistem kerjanya, rem hidrolik terdiri dari berbagai komponen yang saling terhubung satu sama lain. 

Sedikitnya terdapat 5 komponen utama pada sistem pengereman hidrolik, antara lain:

1. Pedal Rem/Tuas Rem

Pedal rem atau tuas rem ini disebut juga sebagai input device. 

Hal ini karena pedal rem berfungsi sebagai input yang digunakan untuk mengetahui kapan waktunya rema akan aktif dan kapan rem akan non aktif. 

Kategori :

Terpopuler