Inilah Cara Memilih Motor Listrik yang Sesuai Kebutuhan Sehari-hari

Jumat 17-05-2024,17:00 WIB
Reporter : Alviana Anugrahani Putri
Editor : Priya Satrio

Hingga saat ini, terdapat dua varian baterai yang digunakan pada motor listrik, yaitu SLA (selead lead acid) dan lithium ion, perbedaan antara kedua jenis baterai ini cukup signifikan, baterai SLA atau lead-acid, yang juga dikenal dengan sebutan aki, adalah jenis baterai isi ulang tertua yang terkenal dengan harganya yang terjangkau serta kemampuannya untuk didaur ulang dengan mudah.

Kendaraan listrik yang menggunakan baterai SLA umumnya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau, baterai SLA memiliki bobot yang tiga kali lipat lebih berat daripada baterai lithium ion, meskipun kapasitasnya tidak sebesar baterai litium, baterai SLA juga lebih sensitif dan memerlukan perawatan ekstra untuk menjaga kinerjanya, baterai lithium ion, atau lebih dikenal dengan Li-ion.

Efisiensi energi baterai Li-ion cenderung lebih tinggi, dan rasio energi per beratnya juga lebih besar dibandingkan dengan baterai SLA, bobot baterai Li-ion juga lebih ringan, sehingga memberikan keuntungan tambahan dalam hal manuverabilitas dan efisiensi keseluruhan motor listrik.

BACA JUGA:Inara Rusli Sudah Membuka Hati Kembali, Ini Kriteria Pasangan yang Diidamkannya

3. Cari Tahulah Bagaimana Cara Mengisi Baterai Motor

Selain memperhatikan jenis baterai yang digunakan, penting juga untuk mengetahui cara pengisian baterai pada motor listrik, salah satu opsi yang tersedia adalah menggunakan baterai yang bisa dilepas untuk diisi ulang, kelebihan dari jenis baterai yang dapat dilepas ini adalah kemudahan dalam mengisi ulang baterai di mana pun, baik di rumah maupun di luar rumah.

Namun, kini telah hadir pula motor dengan sistem penggantian baterai, yang memungkinkan pengguna untuk tidak perlu repot melakukan pengisian ulang baterai secara mandiri, menggunakan aplikasi khusus pengguna dapat dengan mudah mengambil baterai baru tanpa harus memikirkan proses pengisian ulang.

Ada juga model baterai yang tidak dapat dilepas ini bisa menjadi cukup merepotkan terutama jika pengguna tidak memiliki akses ke colokan listrik yang memadai, terutama bagi mereka yang tidak memiliki garasi yang dilengkapi dengan sambungan listrik.

BACA JUGA:8 K-Pop Hits yang Bikin Kamu Makin Pede dan Ajarkan Cara Self Love

4. Beli Motor Listrik di Toko Fisik

Meskipun membeli motor listrik secara online adalah pilihan yang nyaman, penting untuk mempertimbangkan juga untuk membeli dari merek yang memiliki toko fisik, seperti halnya dengan pembelian alat elektronik dan kendaraan lainnya, motor listrik juga rentan mengalami kerusakan.

Keberadaan toko fisik akan memberikan keuntungan tambahan karena memudahkan Anda untuk mengeklaim garansi jika terjadi masalah dengan motor, toko fisik juga menyediakan spare part resmi untuk motor listrik Anda.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot mencari spare part saat diperlukan, karena Anda dapat dengan mudah mendapatkannya langsung dari toko fisik yang bersangkutan, ini akan memberikan Anda jaminan akan ketersediaan suku cadang resmi dan mendukung pemeliharaan yang optimal untuk motor listrik Anda.

Kategori :

Terpopuler