Suka Makan Pedas Tapi Takut Sakit Perut? Tenang, Ingat Aja Manfaatnya Nih

Sabtu 18-05-2024,10:00 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, kehadiran rasa pedas merupakan elemen penting yang tak terpisahkan dari kenikmatan kuliner.

Sayangnya, konsumsi makanan dengan sensasi pedas sering kali diasosiasikan dengan masalah kesehatan, seperti penyakit maag atau gangguan pencernaan berupa diare.

Meski demikian, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, makanan pedas sebenarnya memiliki berbagai manfaat kesehatan yang patut diperhatikan.

BACA JUGA:AC Mobil Dapat Membuat Bensin Boros, Mitos atau Fakta?

1. Bisa Turunkan Berat Badan

Ada bahan bernama capsaicin yang memang sering ditemukan dalam berbagai bahan makanan pedas telah ditemukan bahwa memiliki kemampuan untuk mempercepat metabolisme tubuh, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam memecah lemak untuk dijadikan energi sehingga lebih efisien.

Selain itu, capsaicin dalam makanan pedas juga diketahui dapat mengurangi nafsu makan dan memperpanjang rasa kenyang, membantu seseorang merasa puas lebih lama setelah makan.

Oleh karena itu, konsumsi makanan pedas sering dikaitkan dengan penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan yang sehat dan ideal, menjadikannya komponen diet yang menarik bagi banyak orang yang ingin mengontrol berat badan mereka.

BACA JUGA:Hotman Paris Menduga Ada Oknum Polisi di Dalam Kasus Kematian Vina: Harusnya BAP Itu Ada!

2. Peningkatan Konsentrasi

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan pedas dapat memberikan efek positif pada kesehatan otak serta meningkatkan tingkat konsentrasi, manfaat tersebut timbul melalui mekanisme yang memperkuat konektivitas antara sel-sel otak.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Molecular Sciences, cabai merah mengandung senyawa flavonoid alami yang dikenal sebagai apigenin.

Apigenin ini berperan penting dalam memperkuat hubungan antara sel-sel otak, yang pada gilirannya mendukung kesehatan kognitif, apigenin juga berpotensi sebagai sumber nutrisi yang kuat dalam mempertahankan fungsi memori pada manusia.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Lip Stain Terbaik untuk Membuat Bibir Lebih Menawan

3. Metabolisme Tubuh Meningkat

Kategori :

Terpopuler