Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Biasa, Ternyata Ada yang Unik Nih!

Rabu 29-05-2024,06:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Priya Satrio

• Fitur Regenerative Braking

Mobil hybrid sudah dilengkapi dengan fitur regeneratif untuk mengubah energi kinetik menjadi energi listrik saat kendaraan bergerak atau mengerem.

Energi listrik ini kemudian disimpan dalam baterai untuk digunakan kembali.

BACA JUGA:10 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Darah Rendah Secara Alami, Stabilkan Lagi Yuk

Jadi, fitur rem regeneratif dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar sekaligus memperpanjang jangkauan mobil dalam mode listrik.

• Lebih Hemat Biaya Operasional

Meskipun harga awal mobil hybrid biasanya sedikit lebih tinggi dibanding mobil konvensional, namun dalam jangka panjang, mobil hybrid dapat menghemat biaya operasional secara signifikan.

Hal ini karena efisiensi bahan bakarnya yang lebih tinggi, sehingga alokasi biaya operasional untuk kebutuhan BBM harian bisa lebih ditekan.

• Mendapat Dukungan Global

Saat ini, pemerintah dan banyak negara di seluruh dunia telah menerapkan pemberian dukungan dan insentif fiskal bagi para pengguna kendaraan berteknologi lingkungan seperti mobil listrik dan mobil hybrid.

BACA JUGA:Tak Hanya Jadi Bahan Masakan, Ini 7 Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan

Contoh insentif ini meliputi pembebasan pajak, potongan harga untuk pembelian mobil hybrid, dan lain sebagainya.

Dukungan macam ini dilakukan untuk mendorong masyarakat agar beralih ke mobil hybrid sebagai opsi yang lebih ramah lingkungan.

• Mendapat Dukungan Pemerintah

Menurut Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 36 Tahun 2021 terkait Kendaraan Emisi Karbon Rendah atau LCEV (Low Carbon Emission Vehicle), mobil hibrid juga termasuk dalam kategori kendaraan rendah emisi.

Dengan berbagai keunggulan di atas, dapat diketahui bahwa perbedaan hybrid car dengan mobil biasa cukup signifikan, terutama dalam hal efisiensi energi. Karena itu, mobil hybrid adalah mobil yang tepat jika kalian ingin mulai menghemat energi dan mengurangi emisi.

Kategori :

Terpopuler