Jika tanjakan ini cukup curam maka kalian sebaiknya memposisikan gigi perseneling di nomor 2 atau 3.
Namun jika tanjakan sangat curam maka kalian bisa menggunakan gigi perseneling 1.
Tapi bagaimana caranya memperhitungkan kemiringan tanjakan? Tentu jauh lebih mudah jika sebelumnya kalian sudah pernah melewati tanjakan tersebut.
Namun jika ini adalah kali pertama kalian melewatinya, maka butuh perhitungan yang matang.
BACA JUGA:Kiky Saputri Buka Suara Soal Program Tapera: Tabungan Penderitaan Rakyat?
Coba lihat dulu seperti apa kondisi tanjakan yang akan dilalui.
Tidak ada salahnya untuk berhenti sebentar dan memperhatikan tanjakan tersebut agar kalian bisa memperkirakan sejauh apa kemiringannya.
• Hindari Kopling Menggantung
Salah satu tips mengemudi di jalur menanjak yang seringkali dilupakan oleh pengendara mobil adalah hindari kopling menggantung.
Kopling menggantung atau kopling setengah ini sangat tidak disarankan.
Sayangnya, banyak pengemudi yang masih mempercayai aliran kopling setengah saat berjalan di jalur menanjak.
BACA JUGA:Dua Lipa Bakal Gebrak Jakarta, Jangan Lewatkan Konsernya di November 2024 mendatang!
Tips Cara Mengemudi Mobil di Jalur Menanjak- travel-photography-freepik
Padahal ini justru akan membuat kopling mobil kalian jadi lebih cepat panas bahkan bisa rusak.
Lebih baik andalkan saja kopling 1 dan 2 saat melewati jalan yang menanjak.
Tadi sudah disebutkan jika jalanan cukup curam maka pakailah kopling 2 dan 3.