7 Souk Ini Wajib Dikunjungi di Saudi, Yuk Dapatkan Pengalaman Belanja yang Istimewa

Selasa 11-06-2024,12:26 WIB
Reporter : Jihan Meiby
Editor : Priya Satrio

Dekat dengan Benteng Al Masmak yang ikonik, terletak Souk Diah, yang juga dikenal sebagai Souk Al Thumari, surga bagi pecinta barang peninggalan dan seni. Lorong-lorong labirin souk ini memikat pembeli dengan berbagai karya seni lokal, parfum, dan kerajinan tangan yang dijual. Saat Anda menjelahahi souk ini, menyelamlah ke dalam budaya Saudi yang kaya dengan peninggalan unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jangan tinggalkan souk ini tanpa menikmati kemewahan perhiasan emas, yang dirancang dengan desain eksklusif yang cocok untuk bangsawan.  

Yang Harus Dibeli: Parfum, karya seni lokal, perhiasan emas  

Lokasi: 3138 Abi Jafar Al Mansour St, Ghirnatah, Riyadh  

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Konsumsi Micin Berlebihan, Awas Masa Tua Terancam!

4. Souk Al Tumor, Medina  

Saudi adalah produsen kurma terbesar kedua di dunia, dan kota Medina (atau Madinah) terkenal dengan kualitas kurma yang baik dan variatif. Buah-buahan kecil ini adalah camilan lezat dan merupakan bagian penting dari budaya Saudi — pohon kurma bahkan menjadi simbol nasional. Kurma juga dapat bertahan lama, sehingga Anda bisa membawanya pulang untuk berbagi sedikit oleh-oleh dari Saudi kepada teman dan keluarga Anda. Souk Al Tumor, pasar kurma di Medina, adalah tempat yang paling terkenal untuk dijelajahi dan tempat membeli kurma di Saudi. Dengan lebih dari 150 jenis kurma, mulai dari kurma Ajwa yang tumbuh secara lokal hingga Medjool yang langka dan mahal, Anda pasti akan menemukan beberapa yang Anda sukai — dan banyak penjual yang akan memberikan Anda untuk mencoba testernya terlebih dahulu sebelum membelinya.  

Yang Harus Dibeli: Berbagai jenis kurma  

Lokasi: 3 km selatan Medina  

BACA JUGA:Berkurban Bagi Orang yang Sudah Wafat Apa Hukumnya? Ustadz Abdul Somad Beri Penjelasan

5. Souk Qabil, Jeddah  

Souk yang juga dikenal sebagai Qabil Street, Gabel Street, atau Qabel Trail (di Google Maps), adalah pasar bersejarah, mungkin yang tertua di Jeddah, dan jalan pertama di kota ini yang sudah sepenuhnya dialiri listrik.  Saat ini, Souk Qabil dikenal sebagai pusat budaya yang meriah, khususnya di malam hari selama Ramadan dan Eid, Souk ini dipenuhi dengan warung makanan dan hiburan tradisional. Meskipun merupakan jalan kecil, ini adalah bagian yang penting jika Anda berkunjung ke Al Balad, kota tua Jeddah, karena memiliki banyak jalan atlernatif atau gang yang mengarah ke museum seperti Nassif House, Al Matbouli House, dan Masjid Al Shafie yang melestarikan kota tua Jeddah.  

Yang Harus Dibeli: Emas, parfum, abaya, dan pakaian tradisional lainnya  

Lokasi: Kota Tua Jeddah 

BACA JUGA:7 Manfaat Kelapa Bagi Kecantikan Kulit, Kaum Hawa Wajib Tahu!

6. Souk Qaisariah, Al Hofuf  

Kembali ke masa lalu di Souk Qaisariah, sebuah bukti semangat tradisi Saudi yang bertahan lama. Berasal dari tiga abad yang lalu, souk di Al-Hasa ini mengundang para pengunjung untuk tenggelam kedalam pemandangan dan pesona dunia masa lalu. Setelah mengalami restorasi pasca kebakaran pada tahun 2000, Souk Qaisariah kini berdiri sebagai penghormatan terhadap masa lalunya yang gemilang. Di souk ini Anda dapat menemukan campuran eklektik rempah-rempah, dupa, dan kerajinan tangan tradisional khas Saudi.  

Kategori :

Terpopuler