7 Cara Mudah Mengatasi Masalah Mulut Bau

Minggu 23-06-2024,13:00 WIB
Reporter : Aan Umilah
Editor : Priya Satrio

Setelah makan, terkadang ada sisa makanan yang tertinggal di sela gigi dan sulit untuk dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Hal ini dapat diatasi dengan benang gigi atau dental floss. Membersihkan sela-sela gigi tidak hanya dilakukan saat ada makanan yang terselip, tetapi perlu dilakukan secara rutin setelah menyikat gigi. Cara ini mampu mengatasi bau mulut secara signifikan.

4. Berkumur dengan obat kumur

Obat kumur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut yang efektif. Obat kumur dapat mencegah terbentuknya plak gigi yang bisa memicu bau mulut.

BACA JUGA:5 Shio yang Percintaannya Berjalan Mulus Hari Ini, 22 Juni 2024

Pilihlah obat kumur antibakteri dan sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena justru bisa menyebabkan mulut kering.

Selain itu, jangan menggunakan obat kumur langsung setelah sikat gigi, karena justru dapat menghilangkan kandungan baik dari pasta gigi yang menempel pada permukaan gigi, seperti fluoride. Gunakanlah obat kumur di waktu yang berbeda dengan menyikat gigi, misalnya setelah makan siang.

5. Mengunyah permen karet

Untuk mencegah mulut kering yang dapat menimbulkan bau mulut, kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula. Mengunyah permen karet diketahui dapat merangsang produksi air liur. Selain itu permen karet bebas gula memiliki efek mengurangi karies pada gigi.

BACA JUGA:PNIB Minta Pemerintah Stop Impor Beras: Berdayakan Petani Lokal yang Sudah Lelah Menjerit!

6. Memperbanyak minum air putih

Selain mengunyah permen karet, perbanyak minum air putih juga penting dilakukan untuk mencegah mulut kering. Anda dapat melihat warna urine untuk menilai kecukupan air yang Anda konsumsi. Usahakan untuk terus mengkonsumsi air sebanyak 2 liter setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Warna urine kuning pucat dan bening menandakan Anda cukup minum air putih.

7. Memeriksakan gigi ke dokter gigi secara rutin

Pemeriksaan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali secara rutin juga merupakan salah satu solusi pencegahan masalah bau mulut. Dengan begitu, masalah pada rongga mulut yang bisa menyebabkan bau mulut dapat terdeteksi sejak dini dan segera diatasi.

Kategori :

Terpopuler