JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Mengendarai kendaraan niaga, khususnya truk Mercedes-Benz Axor diperlukan pengetahuan awal serta pelatihan khusus mengenai berbagai fitur yang ada di dalamnya.
Contohnya pada Dasbor truk Mercedes-Benz Axor 2528 CH 6x4 sendiri, berbagai fitur khas seperti Override Switch, Interaxle dan Interwheel (Differential Lock), alarm peringatan kondisi kendaraan, maupun Speed Limiter atau Cruise Control sudah tersedia di berbagai titik.
Semua fitur ini mampu menunjang pengemudi dalam menjamin keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.
Pada bagian dasbor tengah kabin, truk Mercedes-Benz Axor dilengkapi dengan berbagai tombol, yaitu:
BACA JUGA:Begini Cara Optimalkan Posisi Berkendara Truk Mercedes-Benz Axor Demi Keselamatan
1. Power-Window (1) untuk jendela di sisi penumpang
2. Berbagai tombol pengaturan AC (HVAC - Heating Ventilation Air Conditioning Controls). Tombol (2) berfungsi mengatur kecepatan sirkulasi udara (blower) yang sekaligus mempunyai fungsi untuk mengatur distribusi udara dan juga untuk menghilangkan embun pada kaca depan jika terjadi kelembaban udara yang tinggi. Ada juga tombol (3) untuk mengatur arah sirkulasi ventilasi udara ke beberapa titik dalam kabin. Terakhir ada juga tombol (4) untuk mengatur tingkatan pendingin udara dan pemanas udara (Heater), yang diikuti tombol (5) untuk aktivasi kompresor AC. Semua tombol untuk pengaturan AC ini dapat juga ditemukan pada tipe Axor 4928 (T) dan Axor 4028 (T)).
3. Selain tombol-tombol pengaturan AC, terdapat juga tombol (6) untuk memberikan sinyal atau tanda ke pengguna jalan lain jika dalam kondisi bahaya (Hazard).
4. Di paling kanan terdapat tombol Override Switch (7) atau tombol yang ketika ditekan akan berguna untuk memisahkan fungsi antara penggunaan rem kaki dengan rem mesin (engine brake) dimana kondisi normalnya kedua jenis rem itu dapat aktif secara bersamaan walaupun hanya pedal rem saja yang diinjak. Override Switch ini sebaiknya ditekan ketika menghadapi jalanan menanjak atau saat posisi berhenti di jalan menanjak.
BACA JUGA:10 Mobil Off-road Terbaik Tahun 2024, Ada Toyota Fortuner Sampai Mercedes-Benz G-Class!
Engine Brake, atau constant throttle, pada truk Mercedes-Benz Axor dilengkapi dengan exhaust brake yang dapat membantu proses pengereman menjadi lebih maksimal.
Fitur ini berguna karena memberikan pilihan pengereman yang lebih baik kepada pengemudi. Engine brake juga dapat membuat truk lebih hemat bahan bakar, dikarenakan saat engine brake aktif tidak adanya penyemprotan bahan bakar setetes pun pada mesin. Keuntungan lainnya saat engine brake aktif antara lain adalah penghematan kampas rem, sistem pendinginan mesin bekerja maksimal, sistem pelumasan bekerja maksimal, sumber kelistrikan pun maksimal. Engine brake pada Truk Mercedes-Benz Axor akan aktif ketika RPM engine di atas 900, pedal gas dan pedal kopling tidak diinjak.
Di dasbor sisi kiri dari pengemudi, terdapat beberapa tombol pendukung yang mudah dijangkau oleh pengemudi, yaitu:
1. PTO (Power Take Off) Switch
Tombol (8) ini digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan sistem hidrolik karoseri pada Mercedes-Benz Axor tipe konstruksi. Ketika tombol ini ditekan, akan meneruskan momen puntir dari transmisi ke pompa hidrolik yang terpasang untuk diteruskan menuju sistem hidrolik karoseri. Setelah sistem hidrolik aktif, pengemudi dapat menambah kecepatan sirkulasi hidrolik dengan cara menginjak pedal gas sampai dengan maksimum rpm yang diatur pada program control unit.