Selain Amerika, Negara Mana yang Sokong Persenjataan Israel?

Selain Amerika, Negara Mana yang Sokong Persenjataan Israel?

Selain Amerika, Negara Mana yang Sokong Persenjataan Israel?-senivpetro-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Negara mana saja yang bantu menyokong persenjataan Israel sehingga memiliki sejumlah sistem yang apik?

Sudah pasti jika berbicara tentang sokongan terkait persenjatan Israel maka pasti akan menyebut Amerika Serikat (AS) yang membantu mereka.

Tapi tak dipungkiri juga bahwa Israel menjadi salah satu negara yang juga memproduksi senjata, bahkan ada 90 negara yang mengimpor senjata dari Israel, salah satunya di benua Asia.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Capricorn di Bulan November 2023, Ketahui Keburuntunganmu di Bulan Ini!

Jika dilihat dari sejarahnya, Israel lebih sering melakukan impor senjata daripada lini ekspor.

Mengutip dari data Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI), selama dekade terakhir jumlah ekspor persenjataan Israel secara konsisten perlahan mulai melewati jumlah impornya.

Sejak tahun 2018 hingga 2022, terdapat setidaknya 35 negara yang melakukan impor senjata dari Israel dengan nilai total sebesar US$3,2 miliar atau setara dengan Rp49,89 triliun (asumsi kurs Rp15.592 per dolar AS).

Sekitar sepertiga dari total nilai tersebut, sekitar US$1,2 miliar atau sebesar Rp18,71 triliun, merupakan jumlah ekspor militer Israel yang ditujukan ke India.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Hari Ini, Kamis 16 November 2023: Waspada Hujan Mengguyur Seluruh Wilayah!

Hal ini dapat terjadi karena hubungan antara Israel dan India telah mengalami perkembangan pesat sejak Perdana Menteri India Narendra Modi berkuasa pada tahun 2014.

Bukan hanya India, negara pembeli senjata Israel terbesar kedua adalah Azerbaijan dengan nilai sebesar US$295 juta atau setara dengan Rp4,6 triliun.

Kemudian diikuti oleh Filipina dengan nilai sebesar US$275 juta atau sebesar Rp4,2 triliun, Amerika Serikat dengan nilai sebesar US$217 juta atau sebesar Rp3,3 triliun, dan Vietnam dengan nilai sebesar US$180 juta atau sebesar Rp2,8 triliun.

Selama periode 2018-2022, Israel juga mengimpor senjata senilai US$2,7 miliar (Rp42,10 triliun) hanya dari dua negara, yakni Amerika Serikat dan Jerman.

BACA JUGA:Sebelum ke Konser Coldplay, Hafalin Dulu Yuk Lirik Lagu 'Viva La Vida' Biar Makin Seru!

Dalam kisaran waktu tersebut, lebih dari tiga perempat dari total nilai impor militer Israel, yaitu US$2,1 miliar, berasal dari Amerika Serikat.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: