Menuju 2024, TikTok Ajak Pengguna dan Masyarakat Luas Saling Jaga Lawan Misinformasi

Menuju 2024, TikTok Ajak Pengguna dan Masyarakat Luas Saling Jaga Lawan Misinformasi

Menuju 2024, TikTok Ajak Pengguna dan Masyarakat Luas Saling Jaga Lawan Misinformasi---Istimewa

Konten video singkat juga tidak luput dari potensi misinformasi dan kreator konten pun juga perlu memainkan perannya untuk berbagi informasi yang kredibel dan tepercaya, apa pun jenis kategori konten yang diusung. "Sering kali, kita hanya melihat potongan video atau kutipan yang sengaja diunggah supaya mengarah ke konteks tertentu, yang bisa jadi jauh dari kejadian sebenarnya, atau justru narasi dari satu pihak saja.

Sebelum membagikan suatu konten atau informasi yang kamu lihat di platform digital, cari tahu dulu kebenarannya supaya kita bisa #SalingJaga sesama kita dari dampak misinformasi," kata Dimas Ramadhan (Dims The Meat Guy), Kreator TikTok.

Di bawah kampanye #SalingJaga, TikTok telah meluncurkan serangkaian upaya proaktif untuk menegaskan komitmennya dalam menjaga integritas Pemilu dan melawan penyebaran misinformasi.

Komitmen ini diwujudkan melalui kerja sama dengan Rekata Studio dalam film "Budi Pekerti" untuk mengemukakan pesan #SalingJaga; meluncurkan "Pusat Panduan Pemilu 2024" yang didukung oleh KPU RI dan BAWASLU RI pada laman khusus di platform TikTok; bekerja sama dengan mitra cek fakta independen, yakni AFP, MAFINDO dan Perludem; serta menghadirkan aktivitas di dalam aplikasi seperti tantangan tagar (hashtag challenge) bagi pengguna untuk berbagi cara #SalingJaga versi mereka. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang upaya TikTok #SalingJaga guna menyediakan ruang digital yang aman dan nyaman bagi semua jelang Pemilu 2024, kunjungi Pusat Panduan Pemilu 2024 TikTok Indonesia.

Untuk mengetahui bagaimana TikTok membangun platformnya secara bertanggung jawab, setara, dan terbuka, kunjungi Pusat Transparansi TikTok di https://www.tiktok.com/transparency/id-id/.  

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya