Ginjal Sehat Bisa Dilihat dari Ciri-ciri Warna Urine Manusia, Begini Cara Ceknya

Ginjal Sehat Bisa Dilihat dari Ciri-ciri Warna Urine Manusia, Begini Cara Ceknya

Ginjal Sehat Bisa Dilihat dari Ciri-ciri Warna Urine Manusia, Begini Cara Ceknya---Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Kemampuan sistem saluran kemih untuk menyaring darah terdapat pada sekitar 2 hingga 3 juta berkas kapiler khusus glomeruli yang tersebar kurang lebih merata di antara kedua ginjal.

Karena glomeruli menyaring darah sebagian besar berdasarkan ukuran partikel, unsur-unsur besar seperti sel darah, trombosit, antibodi, dan albumen tidak termasuk.

Glomerulus adalah bagian pertama dari nefron, yang kemudian berlanjut sebagai struktur tubular yang sangat terspesialisasi yang bertanggung jawab untuk menciptakan komposisi akhir urin.

Semua zat terlarut lainnya, seperti ion, asam amino, vitamin, dan limbah, disaring untuk menghasilkan komposisi filtrat yang sangat mirip dengan plasma.

BACA JUGA:dr Zaidul Akbar Simpan Resep Minuman Rahasia Penyembuh Penderita Sakit Ginjal

Glomeruli menghasilkan sekitar 200 liter (189 liter) filtrat ini setiap hari, namun Anda mengeluarkan kurang dari dua liter limbah yang disebut urin.

Karakteristik urin berubah-ubah, tergantung pengaruh seperti asupan air, olahraga, suhu lingkungan, asupan nutrisi, dan faktor lainnya.

Beberapa karakteristik seperti warna dan bau merupakan gambaran kasar keadaan hidrasi Anda.

Misalnya, jika Anda berolahraga atau bekerja di luar ruangan, dan banyak berkeringat, urine Anda akan menjadi lebih gelap dan mengeluarkan sedikit bau, meskipun Anda minum banyak air.

BACA JUGA:Terkuak! Tanda-tanda Ginjal Mulai Bermasalah, Segera Cegah Sebelum Terlambat

Para atlet kerap disarankan untuk mengonsumsi air putih hingga urinenya jernih.

Ini adalah nasihat yang bagus; Namun, ginjal membutuhkan waktu untuk memproses cairan tubuh dan menyimpannya di kandung kemih.

Cara lain untuk melihat hal ini adalah bahwa kualitas urin yang dihasilkan adalah rata-rata selama waktu yang dibutuhkan untuk membuat urin tersebut.

Menghasilkan urin yang jernih mungkin hanya memerlukan waktu beberapa menit jika Anda minum banyak air atau beberapa jam jika Anda bekerja di luar ruangan dan tidak banyak minum.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya