Tips Ampuh Mengatasi Lapar Saat Puasa: 6 Cara Ini Bisa Bikin Perutmu Aman!

Tips Ampuh Mengatasi Lapar Saat Puasa: 6 Cara Ini Bisa Bikin Perutmu Aman!

Tips Ampuh Mengatasi Lapar Saat Puasa: 6 Cara Ini Bisa Bikin Perutmu Aman!-RDNE Stock project-pexels

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Tinggal menghitung hari menuju bulan Ramadhan, itu atinya kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Namun, seringkali saat puasa, rasa lapar bisa datang menghampiri dan membuat kita merasa tidak nyaman. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa tips anti lapar saat puasa agar ibadah puasa kita tetap lancar tanpa gangguan.

BACA JUGA:Update Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Selasa 5 Maret 2024: Apakah Akan Turun Hujan?

Lantas, bagaimana kah cara menahan rasa lapar ketika menjalankan ibadah puasa? dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah informasi selengkapnya.

1. Sahur yang Bergizi


Tips Ampuh Mengatasi Lapar Saat Puasa: 6 Cara Ini Bisa Bikin Perutmu Aman!-Towfiqu barbhuiya-pexels

Salah satu tips anti lapar saat puasa adalah dengan mengonsumsi sahur yang sehat dan bergizi. Sahur merupakan waktu makan sebelum imsak yang sangat penting untuk memberikan energi selama berpuasa. 

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Disarankan mengonsumsi sayur berkuah dan hindari makanan pedas/berminyak serta makanan yang mengandung gula tinggi, karena dapat membuat kita cepat lapar.

Tips makan ketika sahur yang perlu kamu ikuti adalah dengan memakan dua telur rebus. Hal ini bisa membuat perut menjadi kenyang lebih lama, memiliki sumber protein tanpa lemak, dan rendah kalori jadi aman buat kamu yang sedang diet.

BACA JUGA:Ini Langkah Konkret Bulog untuk Stabilkan Harga Beras Selama Bulan Puasa 2024

2. Minum Air yang Cukup

Selain itu, penting juga untuk minum air putih yang cukup saat sahur. Air putih sangat penting untuk menjaga kelembaban tubuh dan membantu proses pencernaan. 

Minum dengan pola 2-2-4, yakni 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas saat malam hari. Selain itu, hindari minuman bersoda atau minuman manis lainnya, karena dapat membuat kita lebih cepat lapar dan haus. 

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya