7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Eksfoliasi, Yuk Hindari!

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Eksfoliasi, Yuk Hindari!

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Eksfoliasi, Yuk Hindari!-Miriam Alonso-pexels

Selain itu, kesalahan yang sering terjadi saat eksfoliasi wajah adalah menggunakan scrub yang terlalu kasar. Scrub yang terlalu kasar dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah kita, bahkan dapat menyebabkan luka kecil. Sebaiknya gunakan scrub yang memiliki butiran halus dan lembut agar tidak merusak kulit wajah kita.

4. Eksfoliasi Terlalu Sering

Kesalahan lainnya adalah melakukan eksfoliasi terlalu sering. Meskipun eksfoliasi penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati, namun jika dilakukan terlalu sering justru dapat merusak lapisan kulit yang sehat. 

Sebaiknya lakukan ekfoliasi maksimal dua  kali seminggu agar kulit wajah tetap sehat dan terjaga. Dengan begitu, kulit wajah tidak mudah kering, iritasi dan menjadi tipis.

BACA JUGA:5 Bahan Bikin Wajah Jadi Glowing Hanya Dalam Waktu Singkat

5. Menggosok Terlalu Keras

Selain itu, salah satu kesalahan yang sering terjadi saat ekfoliasi wajah adalah menggosok kulit terlalu keras. Menggosok kulit terlalu keras saat ekfoliasi dapat menyebabkan iritasi dan merusak lapisan kulit yang sehat. Sebaiknya lakukan gerakan memijat lembut saat ekfoliasi agar tidak merusak kulit wajah kita.

6. Salah Memilih Produk Eksfoliasi

Kesalahan lainnya adalah menggunakan produk ekfoliasi yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah kita. Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, oleh karena itu penting bagi kita untuk memilih produk ekfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit wajah kita. 

Jika memiliki kulit jerawat, sebaiknya pilih produk chemical expoliating yang berupa cleanser, toner, dan serum. Apabila memiliki kulit kombinasi normal hingga kering, maka pilih physican exfoliating yang berupa scrub, dan peeling. Sementara pemilik kulit kering, sensitif bisa memilih jenis enzimatic exfoliating yang berupa masker.

7. Eksfoliasi Saat Kulit Sensitif

Kulit sensitif cenderung lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan. Oleh karena itu, eksfoliasi justru dapat menyebabkan reaksi negatif pada kulit sensitif, seperti kemerahan, gatal-gatal, bahkan ruam. Hal ini tentu saja akan membuat kondisi kulit semakin buruk daripada sebelumnya.

Lebih baik kamu menggunakan bahan yang melembabkan ketika sedang mengalami kulit yang sensitif. Dengan begitu, kulit menjadi lebih tenang terlebih dahulu sebelum melakukan eksfoliasi.

BACA JUGA:Tanda Skincare yang Kamu Gunakan Cocok di Wajah, Lanjutkan Sampai Glowing Total!

Itulah 7 kesalahan yang sering dilakukan ketika eksfoliasi. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat ekfoliasi wajah, kita dapat menghindarinya dan melakukan ekfoliasi dengan benar. 

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya