Jadinya Kapan Puasa Tahun 2024? Cek Versi Pemerintah

Jadinya Kapan Puasa Tahun 2024? Cek Versi Pemerintah

Jadinya Kapan Puasa Tahun 2024? Ini 3 Pandangan Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah---Freepik

LF PBNU berencana untuk melakukan rukyatul hilal atau pemantauan hilal awal Ramadhan 1445 H pada Ahad 10 Maret 2024 atau bertepatan dengan 29 Sya'ban 1445 H.

Rukyatul hilal akan dilakukan secara serentak oleh LFNU daerah di berbagai titik yang telah ditentukan, termasuk di pinggiran pantai yang mengarah ke barat dan gedung-gedung tinggi dengan ufuk barat yang tidak terhalang.

BACA JUGA:Gokil! BPJS Pakai Teknologi AI Tingkatkan Layanan JKN, Jadi Serba SatSet

Pelaksanaan rukyatul hilal awal Ramadhan akan melibatkan 50 hingga 60 titik rukyat di berbagai wilayah, termasuk zona Indonesia Timur, Tengah, dan Barat.

Rukyat ini akan dilakukan bersama-sama dengan pihak terkait seperti petugas Kementerian Agama setempat, Pengadilan Agama, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta melibatkan partisipasi masyarakat.

Dengan demikian, prediksi dan perhitungan yang dilakukan oleh LF PBNU dipastikan akan menjadi acuan untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1445 H/2024 M.

Semua proses rukyatul hilal dilakukan dengan cermat dan professional demi kesepakatan bersama dalam menetapkan awal puasa bagi umat Islam di Indonesia.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya