Inilah Azab Bagi Orang yang Tak Bayar Zakat: Perspektif Islam dari Al-Quran dan Hadist

Inilah Azab Bagi Orang yang Tak Bayar Zakat: Perspektif Islam dari Al-Quran dan Hadist

Azab Bagi Orang yang Tak Bayar Zakat---Istimewa

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Di bulan Ramadhan ini, selain berpuasa umat islam juga harus membayarkan zakat fitrah yang sifatnya wajib. 

Semua, dari yang muda hingga yang tua harus membayar zakat fitrah namun bagi yang tak membayar zakat akan alami azab yang berat kelak.

Jadi, bagaimana nasib mereka yang enggan membayarkan hartanya untuk zakat fitrah? 

BACA JUGA:Viral Ustadz Hanan Attaki Disebut Punya Istri 2, Benarkah Poligami?

Menurut Wahbah Az_Zuhaili dalam fiqih Islam Wa Adillayuhu Juz 3, zakat merupakan kewajiban yang ditetapkan oleh Allah dalam kitab-Nya, berdasarkan sunnah Rasulullah, dan konsesus umat Islam.

Sejarah menunjukkan bahwa zakat pertamakali di wajibkandi Kota Madinah pada bulan Syawal tahun kedua Hijriah, setelah puasa Ramadhan dan zakat fitrah di wajibkan. 

Namun, perlu dicatat bahwa zakat fitra tidak di wajibkan bagi para Nabi menurut kesepakatan umat Islam karena zakat fitrah adalah sarana untuk membersihkan diri dari hal-hal  yang mungkin tidak layak, sedangkan para Nabi dianggap terbebas dari hal-hal tersebut. 

Bukti tentang kewajiban zakat ini terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 43, di mana Allah memerintahkan untuk mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan melakukan rukuk bersama-sama dengan orang-orang yang melakuka rukuk. 

BACA JUGA:Viral! Istri Sah Bongkar Perselingkuhan Suaminya dengan Mahasiswi di Medsos

1. Hukuman di Akhirat 

Menurut penjelasan yang tegas dari Wahbah Az-Zuhaili, mereka yang menolak untuk membayar zakat akan mendapatkan hukuman yang berat, baik di dunia maupun di akhirat. 

Hukuman di akhirat ditetapkan sebagai siksaan yang sangat pedih, sebagaimana yang telah di jelaskan dalam firman Allah: 

"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih. (Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, ‘Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.'" (Q.S. At Taubah: 34-35).

BACA JUGA:Aduhai! Calon Mertua Sebut Ayu Ting-Ting Menantu Idaman: Saling Melengkapi

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya