Perbedaan Essence vs Serum: Manakah yang Lebih Efektif untuk Mengatasi Masalah Kulit?

Perbedaan Essence vs Serum: Manakah yang Lebih Efektif untuk Mengatasi Masalah Kulit?

Perbedaan Essence vs Serum: Manakah yang Lebih Efektif untuk Mengatasi Masalah Kulit?-freepik-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Perbedaan antara essence dan serum seringkali membingungkan bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang baru memulai perawatan kulit

Keduanya sama-sama merupakan produk perawatan kulit yang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit, namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak berikut mengenai perbedaan essence dan serum yang perlu diketahui.

BACA JUGA:Mampu Angkat Sel Kulit Mati, Begini Cara Gunakan Baking Soda

Essence biasanya digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan serum. Essence memiliki tekstur yang ringan dan cair, sehingga mudah diserap oleh kulit.


Perbedaan Essence vs Serum: Manakah yang Lebih Efektif untuk Mengatasi Masalah Kulit?-freepik-freepik

Essence biasanya mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, meratakan warna kulit, dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan. Essence juga dapat membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya yang akan digunakan setelahnya.

Sementara itu, serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan essence. Serum biasanya digunakan setelah essence dan sebelum pelembap. 

Serum memiliki tekstur yang lebih kental dan kaya akan bahan aktif, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih intensif bagi kulit. Serum biasanya mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kerutan, garis halus, mencerahkan, mengurangi peradangan, dll.

BACA JUGA:Tahukah Kamu 6 Manfaat Konsumsi Bunga Telang? Banyak Khasiatnya Buat Kulit Nih

Dengan demikian, cara penggunaan rangkaian skincare perlu diperhatikan. Kamu perlu melakukan cuci muka terlebih dahulu, lalu menggunakan toner, kemudian aplikasikan essence, dan terakhir menggunakan serum.

Secara garis besar, essence berfungsi untuk menyiapkan kulit untuk skincare selanjutnya. Sementara fungsinya, sesuai dengan bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Misalnya, hyaluronic acid yang berfungsi untuk melembabkan dan menghidrasi kulit, vitamin C berguna untuk antioksidan dan mencerahkan kulit. Sementara essence yang mengandung centella asiatica, maka berfungsi untuk calming dan mengurangi peradangan.

Perbedaan utama antara essence dan serum terletak pada konsentrasi bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Meskipun keduanya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit, namun serum cenderung lebih efektif dalam menangani masalah kulit tertentu karena kandungan bahan aktif yang lebih tinggi.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: