Tak Perlu Panik! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh pada Bayi

Tak Perlu Panik! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh pada Bayi

Tak Perlu Panik! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh pada Bayi-rawpixel.com-freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Gumoh atau yang sering disebut dengan regurgitasi adalah kondisi umum yang sering dialami oleh bayi

Gumoh biasanya terjadi ketika makanan atau susu yang telah dikonsumsi oleh bayi kembali naik ke atas dan keluar dari mulutnya. 

Meskipun gumoh biasanya tidak berbahaya, namun penting bagi kita untuk mengetahui penyebab gumoh pada bayi dan bagaimana cara mengatasinya.

BACA JUGA:Anak Bayi Diurut Bahaya atau Tidak? Cek Faktanya dari Segi Kesehatan

Penyebab gumoh pada bayi bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah karena otot perut bayi yang masih belum sepenuhnya matang.

Otot yang berada diantara kerongkongan dan perut berfungsi menjaga isi perut untuk menjaga agar tidak naik kembali ke kerongkongan. Bayi mungkin masih akan mengalami gumoh hingga otot perut matang sempurna.


Tak Perlu Panik! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gumoh pada Bayi-bearfotos-freepik

Selain itu, jumlah makanan atau susu yang dikonsumsi oleh bayi juga bisa menjadi penyebab gumoh. Jika bayi terlalu banyak makan atau minum, maka kemungkinan besar ia akan mengalami gumoh.

Selain itu, posisi bayi saat makan atau minum juga bisa mempengaruhi terjadinya gumoh. Maka perhatikan posisi saat bayi sedang menyusui atau makan, agar terhindar terjadinya gumoh pada bayi.

BACA JUGA:VIRAL! Seorang Bayi Lahir Bermata Satu di Muba Sumatera Selatan, Kok Bisa?

Untuk mengatasi gumoh pada bayi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Dilansir dari Kanal Youtube IBU SEHAT INDONESIA, berikut adalah caranya.

1. Sendawakan Bayi

Setelah menyusui atau memberikan makanan pada bayi, pastikan kepala si kecil lebih tegak selama  20-30 menit. Posisi tegak juga bisa membantu bayi agar lebih mudah sendawa.

Bersendawa setelah menyusui dapat mencegah udara menumpuk di perut bayi. Penumpukan udara dapat membuat perut bayi kembung dan membuatnya gumoh.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Sumber: