Ukraina Berjuang Pertahankan Daerah Timur, Rusia Maju ke Daerah Kota

Ukraina Berjuang Pertahankan Daerah Timur, Rusia Maju ke Daerah Kota

Ukraina Berjuang Untuk Mempertahankan Daerah Timur, Ketika Rusia Maju Ke Daerah Kota-freepik-freepik

KOTA-KOTA BERSIAP UNTUK KEMAJUAN RUSIA

Pasukan Rusia secara bertahap membuat terobosan yang dapat mengancam beberapa kota besar di timur termasuk Kostiantynivka, Druzhkivka, Kramatorsk dan Sloviansk, yang berfungsi sebagai pusat militer utama untuk upaya perang di Kyiv.

Beberapa kemajuan menimbulkan ketakutan di hati ratusan ribu warga Ukraina yang tinggal di kota-kota di wilayah Donetsk ketika musuh semakin mendekat.

“Kami hidup hanya untuk hari ini,” kata Nina Shyshymarieva, seorang guru sekolah berusia 31 tahun, yang berdiri bersama putrinya yang masih kecil di luar sebuah gereja di Kostiantynivka ketika artileri bergemuruh di kejauhan.

BACA JUGA:Sandra Dewi Fokus Urus Anak Sejak Harvey Moeis Ditahan Akibat Kasus Korupsi

“Kami tidak tahu apa yang akan terjadi besok.”

Meriam Rusia sekarang dengan mudah berada dalam jangkauan Kostiantynivka; posisi terdekat Rusia pada awal tahun 2024 adalah sekitar 20 km, menurut peta sumber terbuka yang menunjukkan pergeseran posisi di sepanjang garis depan. Sekarang jaraknya 14 km.

Shyshymarieva dan para pejuang di garis depan termasuk di antara belasan tentara, komandan, warga dan relawan evakuasi yang diwawancarai oleh Reuters di Ukraina timur selama dua minggu terakhir. Mereka melukiskan gambaran ketidakpastian yang mendalam.

Sebagian besar wilayah Donetsk, yang bersama dengan Luhansk merupakan wilayah Donbas yang lebih besar, berada di bawah pemboman setiap hari, yang biasanya ditargetkan setidaknya belasan kali sehari oleh artileri atau serangan udara Rusia, menurut gubernur wilayah tersebut Vadym Filashkin.

BACA JUGA:Pentingnya Jaga Kondisi Mental, Simak 7 Tanda Kamu Wajib Konsul Psikolog


Ukraina Berjuang Untuk Mempertahankan Daerah Timur, Ketika Rusia Maju Ke Daerah Kota-freepik-freepik

Reruntuhan rumah, blok apartemen, dan gedung administrasi adalah pemandangan umum di kota-kota besar.

Oleksandr Stasenko, seorang sukarelawan penyelamat, mengatakan timnya menerima lebih banyak permintaan evakuasi terutama dari Kostiantynivka dan Kurakhove, kota lain di selatan, dan pemukiman lainnya.

Pasukan Rusia juga telah merambah ke Kurakhove, maju sejauh 2-3 km di sepanjang jalan yang mengarah ke timur dari kota tersebut sepanjang tahun ini.

“Di mana pun garis depan mendekat, orang-orang di tempat-tempat itu berusaha untuk pergi sesegera mungkin,” kata Stasenko, seraya menambahkan bahwa kelompoknya, East SOS, mengevakuasi sekitar dua lusin orang dalam seminggu, banyak dari mereka adalah orang lanjut usia atau orang yang lemah.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya