Waspada! Tanda Intoleransi pada Gula Ini Bisa Kamu Rasakan Secara Tidak Sadar

Waspada! Tanda Intoleransi pada Gula Ini Bisa Kamu Rasakan Secara Tidak Sadar

Tanda gula berbahaya-pvproductions-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Gula adalah komponen yang selalu ditemukan dalam bebagai makanan dan minuman sehari-hari dan tampak tidak berbahaya, namun, ada beberapa individu yang sebenarnya tanpa sadar mengalami intoleransi gula.

Tanda-tanda dari intoleransi pada gula ini seringkali disalahartikan sebagai gejala dari kondisi kesehatan lain.

Berikut ini tanda intoleransi gula yang perlu diketahui agar bisa mengambil langkah yang tepat untuk menanganinya.

BACA JUGA:Ini Tips Memilih Gaya Rambut yang Sesuai untuk Pria, Kece Abis!


Awas Berbahaya! Ini Dia 7 Tanda Tubuhmu Alami Kelebihan Gula---Istimewa

1. Mengalami Sakit Kepala

Ketidakseimbangan kadar gula darah setelah mengonsumsi gula bisa memicu respon fisiologis yang mengakibatkan sakit kepala.

Ketika tubuh tidak mampu memproses gula dengan baik, fluktuasi glukosa darah bisa menimbulkan stres pada sistem saraf, yang pada akhirnya menyebabkan sakit kepala atau bahkan migrain.

Dalam beberapa kasus, reaksi tubuh terhadap gula bisa menyerupai reaksi alergi ringan, termasuk pembengkakan pembuluh darah di otak yang bisa memicu migrain.

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Penurunan Kemampuan Pendengaran Kuping

2. Mengalami Kelelahan Serta Lemas

Konsumsi gula yang berlebihan atau intoleransi terhadap gula bisa menyebabkan timbulnya perasaan lelah dan lemas pada seseorang.

Ketika tubuh tidak mampu memetabolisme gula secara efisien, maka, energi yang dihasilkan dari gula tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, sebagai hasilnya, meskipun makanan yang mengandung gula dikonsumsi, seseorang tetap merasa kurang energi dan cenderung mudah lelah.

Kelelahan ini seringkali dipicu oleh ketidakmampuan tubuh dalam mencerna gula, yang mengakibatkan peningkatan produksi insulin yang tidak seimbang, hingga menyebabkan lonjakan energi yang cepat diikuti oleh penurunan tajam, yang membuat seseorang merasa lemah dan kehilangan stamina.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya