5 Ide Reward yang Bisa Diberikan Pada Anak, Coba Tingkatkan Motivasi dan Semangatnya

5 Ide Reward yang Bisa Diberikan Pada Anak, Coba Tingkatkan Motivasi dan Semangatnya

Makanan untuk anak-rawpixel.com-Freepik

3. Memberikan Tambahan Waktu Untuk Begadang

Meskipun sebagian orang tua mungkin enggan memberi izin kepada anak untuk begadang, namun memberikan kesempatan untuk menambah waktu begadang sebanyak 15 menit tidak akan langsung mengganggu waktu tidurnya.

Menambahan waktu begadang bisa menjadi motivasi besar bagi anak-anak, karena mereka merasa lebih dewasa dan bertanggung jawab dengan memperoleh kesempatan untuk begadang lebih lama.

Namun, ingatlah pendekatan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan anak, jika anak sulit tidur, maka sebaiknya reward ini diberikan pada malam-malam tertentu seperti akhir pekan atau hari libur sekolah.

BACA JUGA:8 Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Bagi Penderita Sakit Asam Lambung

4. Memberikan Kupon Menarik

Untuk meningkatkan semangat anak, para orang tua juga bisa memberikan kupon-kupon menarik lho.

Kupon tersebut bisa berisi berbagai pilihan menarik, seperti "pilih aktivitas favoritmu untuk dilakukan bersama", "menonton film favoritmu di akhir pekan", atau "bermain game sebelum tidur".

Selain itu, ada beberapa metode menarik yang bisa dilakukan pada saat menerapkan sistem reward kupon ini.

Pertama membiarkan anak memilih kupon sesuai dengan keinginannya, yang bisa meningkatkan kepuasan dan keterlibatan anak dalam proses reward.

Kedua, simpan kupon-kupon dalam sebuah wadah dan biarkan anak memilih satu kupon secara acak, hal ini bisa menambah rasa kejutan dan kegembiraan dalam pengalaman penghargaan.

Ketiga, orang tua bisa memilihkan kupon tertentu berdasarkan situasi atau pencapaian anak, sehingga penghargaan jadi lebih terarah dan mendukung pembelajaran nilai-nilai tertentu seperti tanggung jawab atau kerja keras.

Penggunaan kupon-kupon ini memungkinkan untuk menciptakan momen-momen berkesan dan memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak, serta memberikan penghargaan yang sesuai dengan upaya dan prestasi mereka.

BACA JUGA:Rincian Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Siang Hari Ini, Sabtu 15 Juni 2024

5. Menambahkan Durasi Screentime

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya