Kok Pendaftaran CPNS 2024 Belum Dibuka? BKN Beri Penjelasan

Kok Pendaftaran CPNS 2024 Belum Dibuka? BKN Beri Penjelasan

Lowongan CPNS 2024 Kapan Dibuka?-felicities-Freepik

JAKARTA, SEMARAKNEWS.CO.ID - Kenapa pendaftaran untuk calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 masih belum dibuka?

Sebelumnya pendaftaran untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) targetnya dibuka pada bulan Juni 2024.

Akan tetapi sampai saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum mengumumkan jadwal resmi untuk seleksi CASN.

Menurut Pemberitahuan dari Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Vino Dita Tama, jadwal pendaftaran CPNS masih menunggu keputusan resmi dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

BACA JUGA:Begini Cara Daftar CPNS 2024, Sebentar Lagi di Buka!

Ia tidak memberikan informasi tentang tanggal pasti kapan keputusan tersebut akan diumumkan oleh Panselnas.

Meski demikian Menpan-RB Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa pendaftaran CPNS direncanakan akan dibuka pada bulan Juli-Agustus 2024.

Lebih lanjut, pihak BKN memaparkan bahwa setelah pengumuman pembukaan, BKN akan mempublikasikan jadwal tahapan seleksi lebih lanjut.

Meskipun tanggal pendaftaran CPNS 2024 belum diketahui secara pasti, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah mengumumkan kuota yang akan dibuka pada tahun ini.

BACA JUGA:Inilah Tips Lolos CPNS 2024, Pahami Triknya Sebelum Tes Dimulai!

Berdasarkan informasi resmi dari Kemenpan-RB, terdapat 1.289.824 kuota untuk CASN 2024 yang terbagi menjadi 427.650 formasi di instansi pusat dan 862.174 formasi di instansi daerah.

Jumlah ini merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan ASN sebanyak 2,3 juta secara bertahap, termasuk penempatan talenta digital di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.

Menurut Anas, seleksi CASN tahun 2024 direncanakan akan dimulai mulai bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN.

Pengumuman mengenai waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dijadwalkan akan disampaikan pada awal Juli 2024. Namun, jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi masih dinamis dan akan mengikuti perkembangan yang ada.

Temukan konten semaraknews.co.id menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya